Terapi behavior kognitif dalam mengatasi insecure bagi remaja di Layanan Psikocare Kota Semarang : perspektif bimbingan konseling Islam

Resanofa, Sumini (2021) Terapi behavior kognitif dalam mengatasi insecure bagi remaja di Layanan Psikocare Kota Semarang : perspektif bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SUMINI RESANOFA_1701016146_Skripsi Lengkap] Text (SUMINI RESANOFA_1701016146_Skripsi Lengkap)
1701016146_Sumini Resanofa_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Problematika insecure yang dialami oleh remaja menyebabkan tidak percaya diri dan selalu menutup dirinya agar tetap terlihat bahagia dimata orang lain. Insecure dapat diatasi menggunakan terapi behavior kognitif yang dapat mengubah pemikiran negatif menjadi positif dan dapat merubah perilaku negatif menjadi positif. Remaja di Kota Semarang yang mengalami insecure dapat mengganggu aktivitas sosial dan pembelajaran dalam perkuliahannya. Layanan psikocare Kota Semarang menyediakan layanan terapi behavior kognitif, dalam membantu menemukan solusi dari permasalahan insecure. menerapkan teknik-teknik terapi behavior kognitif sesuai dengan permasalahan klien.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu; observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terapi behavior kognitif dalam mengatasi insecure bagi remaja di layanan psikocare Kota Semarang.
Hasil penelitian ini adalah pertama proses terapi behavior kognitif dalam mengatasi insecure bagi remaja di layanan psikocare Kota Semarang dengan mengidentifikasi masalah klien, dari psikolog mendorong klien mengenali dan mengembangkan kapasitas dirinya sampai psikolog memberikan bantuan berupa terapi kepada klien dan memberikan bantuan berupa lembar kerja kepada klien. Kedua Penerapan terapi behavior kognitif di layanan psikocare Kota Semarang perspektif bimbingan konseling islam dipadupadankan terapi berbasis Islam meliputi kuratif dan koretif,fungsi preserfatif, dan fungsi development. Tujuan dari terapi tersebut mengubah pikiran negatif menjadi positif. Pengaruh terapi behavior kognitif terhadap remaja yang telah melakukan terapi memiliki dampak positif terhadap kehidupan sosialnya, remaja yang awalnya insecure atau tidak percaya terhadap dirinya sendiri menjadi percaya diri dan remaja yang memiliki pemikiran negatif bisa merubahnya menjadi pemikiran positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi Behavior Kognitif; Insecure; Remaja; Bimbingan Konseling Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 10:10
Last Modified: 30 Dec 2022 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics