Perilaku sosial dan keagamaan pasca berhaji masyarakat Desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal

Nisa, Amanatun (2021) Perilaku sosial dan keagamaan pasca berhaji masyarakat Desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of AMANATUN NISA_1701056024_Skripsi Lengkap] Text (AMANATUN NISA_1701056024_Skripsi Lengkap)
1701056024_Amanatun Nisa_ Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perilaku Sosial dan Keagamaan masyarakat desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal pasca berhaji yang pada dasarnya orang yang telah berhaji seharusnya dapat dijadikan contoh dan panutan bagi masyarakat di sekitarnya. Hal ini dikarenakan ibadah haji merupakan ibadah yang sangat khas jika dibandingkan dengan ibadah lainnya, ibadah haji tidak hanya berhubungan dengan Allah (hablumminallah), akan tetapi juga berhubungan dengan sesama manusia (hablumminannas). Pengalaman menunjukkan, sebagian besar jemaah haji sekembalinya dari tanah suci akan berusaha menjadi teladan di daerahnya. Amaliahnya baik dari aspek sosial maupun keagamaan mengalami peningkatan karena ingin memperoleh predikat haji mabrur yang salah satu cirinya adalah meningkatkan kualitas amal sekembalinya dari tanah suci
Kajian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perilaku sosial dan keagamaan pasca berhaji masyarakat desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, serta mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku sosial dan keagamaan pasca berhaji di lingkungan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sifat deskriptif, melalui kajian lapangan (field research). Guna mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan tujuan penelitian penulis menggunakan pendekatan studi kasus.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis analisis menggunakan teknik analisa model Milles dan Huberman melalui empat tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau keabsahan data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa perubahan perilaku sosial dan keagamaan pasca berhaji itu benar adanya pada masing-masing orang yang telah melaksanakan haji di desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Perubahan perilaku yang signifikan terdapat dalam aspek keagamaan setelah para jamaah menunaikan ibadah haji, dimana perubahan ini cenderung mengarah ke arah yang positif sebagai perilaku individu yang bersangkutan dengan agama dan keyakinan yang dianut. Para jamaah pasca haji merasakan bahwa haji membuat mereka lebih sadar akan kepercayaannya terhadap agama dengan memperbaiki praktik-praktik ibadah dari yang sebelumnya belum menjadi prioritas. Sedangkan dalam perilaku sosial mereka ada yang tidak mengalami perubahan atau sama dengan sebelum berhaji. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa jamaah yang penulis teliti secara manusiawi dapat dikatakan tidak semuanya mencapai kemabruran haji, dikarenakan mereka ada yang belum bisa menunjukkan perubahan nyata dalam aspek perilakunya sosialnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Sosial; Keagamaan; Pasca Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 30 Dec 2022 10:33
Last Modified: 30 Dec 2022 10:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18539

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics