Pengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPINKA) dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun Di TK Darul Hasanah Genuk Semarang

Sari, Setyo Sekar (2022) Pengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPINKA) dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun Di TK Darul Hasanah Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106069_Setyo Sekar Sari_Lengkap] Text (Skripsi_1803106069_Setyo Sekar Sari_Lengkap)
1803106069_Setyo Sekar Sari_Full Skripsi - Setya Sekar Sarie.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (66MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di TK Darul Hasanah Genuk Semarang. Hal ini dikarenakan peran para pendidik dalam menerapkan strategi atau metode pembelajaran masih bersifat konvensional. Oleh sebab itu, perlu dibutuhkan strategi atau metode pembelajaran yang menarik yang mampu membuat anak menjadi lebih fokus dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Proses Pengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPINKA) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darul Hasanah Kecamatan Genuk Kota Semarang? 2) Bagaimana Hasil Pengembangan Permainan Papan Pintar Angka (PAPINKA) pada Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Darul Hasanah Kecamatan Genuk Kota Semarang?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). Metode penelitian pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan juga menguji keefektifan produk tersebut.
Dalam proses pengembangan media PAPINKA menggunakan model pengembangan ADDIE dengan skor penilaian dari validator ahli media sebesar 85,33% dan skor penilaian dari validator ahli materi sebesar 84,17% dan mendapatkan kategori “sangat baik”.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media Papan Pintar Angka (PAPINKA) yang sudah dikembangkan dan divalidasi oleh para ahli dinyatakan layak. Maka dapat penulis simpulkan bahwa proses penelitian pengembangan media Papan Pintar Angka (PAPINKA) dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Darul Hasanah telah menghasilkan sebuah produk yang sudah divalidasi oleh para ahli dengan memperoleh kategori sangat baik. Pengembangan media PAPINKA ini sangat baik setelah anak diberikan atau melakukan kegiatan bermain PAPINKA. Dalam uji coba pre-test anak mendapatkan nilai rata-rata 7,4 dari nilai angka 20, sedangkan pada uji coba post-test anak memperoleh nilai rata-rata 16,58 dari nilai angka 20. Terdapat peningkatan nilai rata-rata 9,18. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan media PAPINKA ini sudah sangat layak digunakan oleh anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pemeblajaran; PAPINKA; Konsep bilangan; Anak usia dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:14
Last Modified: 20 Dec 2022 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics