Pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan asam basa

Fadillah, Wafiyyah Idzni (2022) Pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076011_Wafiyyah_Idzni_Fadillah_Lengkap] Text (Skripsi_1808076011_Wafiyyah_Idzni_Fadillah_Lengkap)
Skripsi_1808076011_Wafiyyah_Idzni_Fadillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa di SMA N 09 Bengkulu Utara. Oleh sebab itu media pembelajaran diperlukan untuk membantu mengoptimalkan kemampuan siswa dalam mengingat dan memahami materi. Salah satu variasi media pembelajaran yaitu berupa video. Video yang dugunakan dalam dalam penelitian ini berbasis Unity of Sciences yang diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan membuat karakter siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimental research dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis Unity of Sciences terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan asam basa. Penelitian dilakukan di SMA N 09 Bengkulu Utara dimana populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik sampling yang dugunakan yaitu sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa uji N-Gain Score dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis Unity of Sciences berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa sebesar 26,3% dengan kategori “rendah”. Hasil uji t N-Gain Score 0,000 < 0,05 dan uji t regresi 2,948 > 2,05954 yang membuktikan bahwa bahwa video pembelajaran berbasis Unity of Sciences berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil angket respon siswa 73,30% dimana siswa tertarik dengan penggunaan video pemebelajaran berbasis Unity of Sciences.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asam basa; Hasil belajar; Unity of sciences; Video pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:57
Last Modified: 02 Jan 2023 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics