Problematika pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin tahun ajaran 2021/2022 dengan sistem pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di masa pandemi covid-19

Nisa, Sabrina Chairun (2022) Problematika pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin tahun ajaran 2021/2022 dengan sistem pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096108_SABRINA CHAIRUN NISA_LENGKAP] Text (Skripsi_1703096108_SABRINA CHAIRUN NISA_LENGKAP)
1703096108_SABRINA CHAIRUN NISA_LENGKAP TUGAS AKHIR - Sabrina Chairunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas selama masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang. (2) Apa saja problematika yang dialami oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas selama masa pandemic covid-19 pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang. (3) Bagaimana Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi problematika yang dihadapi oleh guru dan siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemic covid-19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh saat observasi dan wawancara maka menunjukkan bahwa : (1) proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin diawali dengan berdoa, mengecek kehadiran siswa, penyampaian materi, Tanya jawab serta pemberian tugas kepada siswa. (2) problematika yang dialami oleh guru yaitu ; pemanfaatan waktu yang terbatas dan menghadapi kecenderungan siswa yang berubah dikarenakan terlalu lama belajar di rumah. Kemudian problematika yang berkaitan dengan peserta didik yaitu masalah yang berkaitan dengan materi, penjelasan guru yang terlalu “pada intinya” membuat siswa tidak sepenuhnya memahami materi yang disampaikan oleh guru. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menghadapi problematika ketika pembelajaran tatap muka terbatas di MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin pada masa pandemic covid-19 yaitu : a. yang berkaitan dengan guru adalah dengan penggunaan media ketika penyampaian materi, sehingga memudahkan siswa untuk memahami apa yang ingin disamoaikan oleh guru. Selain itu penggunaan media yang tepat dengan akan sangat efisien di saat pembelajaran dengan durasi waktu yang singkat. b. yang berkaitan dengan peserta didik yaitu pihak sekolah tetap menggunakan media daring sebagai sarana dalam membantu siswa memahami materi yang belum tersampaikan saat pembelajaran tatap muka. Disini pihak sekolah menggunakan google class room untuk memberi materi yang belum tersampaikan ketika pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Pembelajaran Bahasa Arab; Tatap muka terbatas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 09:47
Last Modified: 20 Dec 2022 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18560

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics