Peran guru dalam pengadaptasian pembelajaran tatap muka di era new normal : studi pelaksanaan pembelajaran online ke offline di MI AL- Kholifah Ngepungrojo Pati tahun 2022

Anggraini, Feti (2022) Peran guru dalam pengadaptasian pembelajaran tatap muka di era new normal : studi pelaksanaan pembelajaran online ke offline di MI AL- Kholifah Ngepungrojo Pati tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096049_Feti Anggraini_Lengkap] Text (Skripsi_1803096049_Feti Anggraini_Lengkap)
1803096049_Feti Anggraini_Full_Skripsi - Feti Anggraini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan oleh guru saat pengadaptasian pembelajaran selama new normal serta faktor kendala yang dialami guru dalam pengadaptasian pembelajaran tatap muka di era new normal (studi pelaksanaan pembelajaran online ke offline di MI AL-Kholifah Ngepungrojo Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pengadaptasian pembelajaran tatap muka di era new normal antara lain yaitu: a) Peran guru sebagai pendidik, membiasakan siswa belajar dengan mematuhi protokol kesehatan di sekolah demi mencegah penularan virus covid-19, Ketika melakukan pembelajaran sebelum mulai belajar seorang guru lebih dahulu melakukan pengajian (membaca surah pendek), Melakukan pengontrolan terhadap perkembangan siswa dan memperhatikan kelengkapan siswa untuk belajar. b) Pengajar, didominasi dengan pemberian tugas latihan soal pada siswa karena memang waktu pembelajaran terbatas. c) Peran guru sebagai guru memberikan bimbingan, dengan pembelajaran yang tidak masuk yang terjadi akibat dari pembelajaran daring (jarak jauh), mengakibatkan lambatnya pengulasan materi.d) Peran guru sebagai mediator, dengan menyampaikan pembelajaran media berupa memutarkan video ataupun bentuk animasi yang terkait dengan pembelajaran. Papan tulis juga sebagai alat pembantu untuk menjelaskan ke anak-anak. e) Sumber belajar, , menggunakan sumber belajar video dalam kegiatan belajar pembelajaran dikarenakan keunggulan sumber belajar video yang mampu menggabungkan audio dan visual, sehingga dapat memicu keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran, mendorong munculnya pola pembelajaran yang bervariasi. f) Fasilitator, dengan menyediakan berbagai media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan LCD Proyektor. g) Peran guru dalam motivator, dengan pemberian angka kepada peserta didik adalah bentuk penghargaan yang menimbulkan peserta didik untuk mengejar nilai yang sebesar – besarnya.

Kendala yang dialami guru dalam pengadaptasian pembelajaran yaitu Tidak tercapainya materi, Loss Learning, Sistem pembagian kelas dengan menerapkan social distancing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Pengadaptasian; Era new normal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:30
Last Modified: 21 Dec 2022 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics