Analisis pelaksanaan Shalat Dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II di MI Baitul Huda Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Winata, Lia Rena (2022) Analisis pelaksanaan Shalat Dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II di MI Baitul Huda Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096066_Lia Rena Winata_Lengkap] Text (Skripsi_1803096066_Lia Rena Winata_Lengkap)
1803096066_Lia Rena Winata_Full_Skripsi - Lia rena winata.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II di MI Baitul Huda. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendidikan bukan hanya terfokus pada aspek akademik saja, tetapi juga menekankan pada nilai-nilai pendidikan karakter melalui suatu pembiasaan keagamaan, seperti praktik shalat dhuha, hafalan surat pendek, asmaul husna, hadist, dan doa-doa setiap harinya. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pelaksanaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II di MI Baitul Huda Semarang? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II di MI Baitul Huda Semarang?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) melalui pelaksanaan shalat dhuha, terbentuknya nilai-nilai karakter siswa kelas II diantaranya, karakter religius, tanggungjawab, disiplin, dan mandiri. Pelaksananaan shalat dhuha di MI Baitul Huda Semarang dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan berupa mempersiapkan media yang diperlukan yang diperlukan berupa mikrofon, sound sistem, serta metode dalam pelaksanaan shalat dhuha. Pelaksanaan meliputi praktik wudhu, praktik shalat dhuha, doa dan dzikir sesudah shalat. Evaluasi pada pelaksanaan shalat dhuha dapat dilakukan harian maupun bulanan. Penilaian harian dapat dilihat dari sikap, dan perilaku siswa.
(2) Faktor pendukung pelaksanaan shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa kelas II diantaranya tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, kerjasama antar seluruh guru beserta staff, dan antusias siswa. Faktor penghambatnya berupa kurangnya tempat untuk melakukan shalat dhuha, kondisi cuaca yang tidak menentu, siswa yang terlambat datang, dan siswa yang terlalu aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha; Pembentukan karakter; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:49
Last Modified: 21 Dec 2022 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18567

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics