Manajemen dakwah bil hal di Masjid Besar Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara

Yusuf, Ahmad (2021) Manajemen dakwah bil hal di Masjid Besar Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of AHMAD YUSUF_1401036053_Skripsi Lengkap] Text (AHMAD YUSUF_1401036053_Skripsi Lengkap)
1401036053_Ahmad Yusuf_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ahmad yusuf (1401036053), Manajemen Dakwah bil hal Di Masjid Besar Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara. Skripsi, Program Studi Manajemen Haji, Umroh Dan Wisata Religi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2021.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Manajemen Dakwah bil hal Di yang dilakukan oleh takmir Masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung Dakwah bil hal yang dilakukan oleh takmir Masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara.
jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang didapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verivikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Dakwah yang dilakukan oleh takmir di Masjid Besar Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara ada beberapa kegiatan dakwah bil hal diantaranya yaitu santunan anak yatim dan yatim piatu, Memberi pelayanan ambulan gratis bagi jamaah masjid sekitar, Mengadakan kegiatan gerakan berqurban, mengadakan program pengelolaan zakat, Mengadakan kajian ahad pagi, Kegiatan dahwah dilakukan dengan Manajemen Dakwah, mulai dari perencanaan sampai pengawasan, sedangkan masalah pendanaan masjid diambil yang pertama dari donatur tetap dan para jamaah masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara yang telah dikordinir lewat RT, yang kedua dari program pengelolaan zakat yang ada di Masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara, 2) faktor pendukung dakwah bil hal yang dilakukan oleh takmir masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara yaitu didukungnya seorang pemimpin yang bijak dan amanah yang dipimpin oleh Bapak KH. MahsunSulaiman yang senantiasa mengarahkan dan memimpin jajaran pengurus Masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara, juga dukungan materil dari jamaah dan masyarakat terhadap berlangsungnya Dakwah bilhal yang dilakukan Masjid, kurangnya sumber daya manusia yang handal, kurangnya antusias masyarakat untuk mendukung kegiatan dakwah bil hal yang ada di Masjid Baitul Muttaqin Bugel Kedung Jepara, Namun hambatan tersebut bisa diatasi dengan selalu meningkatkan sumber daya manusia yang ada, dan meningkatkan kualitas program untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Dakwah Bil Hal; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:44
Last Modified: 03 Jan 2023 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics