Peran takmir masjid Al–Fattah dalam upaya pembinaan keagamaan masyarakat Purwoyoso, Ngaliyan-Semarang

Fatimah, Nur (2021) Peran takmir masjid Al–Fattah dalam upaya pembinaan keagamaan masyarakat Purwoyoso, Ngaliyan-Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036081_NUR FATIMAH_Skripsi Lengkap] Text (1401036081_NUR FATIMAH_Skripsi Lengkap)
1401036081_Nur Fatimah_Full Skripsi - Nur Fatimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masjid memiliki kedudukan yang sangat penting dalam masyarakat Islam, yakni pusat pembinaan umat. Manakala fungsi ideal telah terwujud, maka kualitas umat akan mengalami peningkatan yang membanggakan. Untuk mewujudkan hal yang demikian, tentunya perlu dibentuknya wadah untuk orang-orang yang mampu untuk menggerakkan fungsi Masjid seperti dibentuknya Takmir Masjid. Takmir Masjid merupakan salah satu bentuk organisasi da'wah Islamiyah. Keberadaannya adalah untuk memakmurkan Masjid, terutama dalam mengelola kegiatan da'wah Islamiyah yang dilakukan para jamaah yang memiliki rasa keterikatan dengan Masjid. Organisasi kemasjidan ini sangat diperlukan sebagai alat perjuangan untuk mencapai tujuan sekaligus menjadi wadah bagi jamaah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan da’wah, seperti diadakanya pembinaan-pembinaan yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam yang mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas jamaah Masjid dalam menjalankan ajaran-ajaran agama Islam. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran Takmir Masjid.
Fokus penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana peran takmir Masjid Al-fattah dalam upaya pembinaan keagamaan pada masyarakat Purwoyoso Ngaliyan-Semarang ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat takmir masjid dalam upaya pembinaan keagamaan masyarakat Purwoyoso Ngaliyan-Semarang ?
Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh gambaran secara mendalam tentang :1) Peran takmir masjid dalam membina keagamaan masyarakat Kelurahan Purwoyoso Ngaliyan-Semarang. 2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat takmir masjid dalam membina keagamaan masyarakat Kelurahan Purwoyoso Ngaliyan-Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif guna memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai peran takmir masjid Al-Fattah dalam Upaya Pembinaan Keagamaan serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan pola pikir induktif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pengurus takmir masjid Al-Fattah. Data sekunder diperoleh melalui dokumen masjid.
Hasil penelitian ini adalah: pertama: Peran Takmir Masjid Al-Fattah dalam melakukan pembinaan keagamaan cukup maksimal didalam membina dan mengajak jama’ah baik dari segi Ibadah maupun kegiatan keagamaan di masjid, karena secara umum dapat dilihat dari berbagai macam pembinaan yang ada di Masjid Al-Fattah.. Kedua. Upaya yang dilakukan Takmir Masjid dalam melakukan pembinaan keagamaan di Masjid Al-Fattah diantaranya dengan mengadakan kajian rutin setiap hari jum’at ba’da dzuhur yang pesertanya meliputi, ibu-ibu yang berada dilingkungan sekitar masjid Al-Fattah serta kegiatan rutin setiap hari Minggu pagi pengajian santunan anak Yatim dan dilanjutkan dengan belajar tentang keagamaan bersama pengurus masjid, pengajian mingguan rutin Tafsir Al-Qur’an Jalalain, pengajian mingguan rutin kitab Fiqh Nihayatuz Zain, Pengajian mujahadah Asnmaul Husna bapak-bapak dan ibu-ibu, pengajian yasin dan tahlil, pengajian Kegiatan Pendidikan TPQ. Dan ketiga, faktor pendukung Antara lain : 1) Sarana dan pra sarana yang lengkap dan baik 2) Kesadaran pengurus masjid untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat 3) Masjid Al-Fattah cukup bersih dan nyaman untuk beribadah 4) Adanya kerjasama yang baik antara pengurus dengan jama’ah 5) Sumber keuangan yang cukup menjadi modal untuk memperlancar terselenggaranya kegiatan. Sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambat antara lain : 1) Pengurus Takmir Masjid Al-Fattah kebanyakan adalah pekerja jadi tidak bisa seratus persen fokus mengurus Masjid. 2) Masyarakat sekitar kebanyakan pekerja sehingga kegiatan Masjid seringkali diikuti sedikit dari masyarakat sekitar. 3) Kurang adanya kesadaran diri masyarakat dalam melaksankan kegiatan ibadah dimasjid 4) kurangnya menejement waktu yang baik dari pengurus masjid yang terjadwal untuk mengisi kegiatan kajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Takmir Masjid; Pembinaan Keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:57
Last Modified: 03 Jan 2023 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics