Strategi fundraising di Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

Nugroho, Suryo Hadi (2021) Strategi fundraising di Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401036088_SURYO HADI NUGROHO_Skripsi Lengkap] Text (1401036088_SURYO HADI NUGROHO_Skripsi Lengkap)
Suryo Hadi Nugroho_1401036088_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penghimpunan dana atau fundraising merupakan kegiatan penting dan utama dalam sebuah lembaga pengelola zakat, infaq dan shadaqah. Karena sebuah organisasi pengelola zakat dalam aktifitasnya selalu berhubungan dengan dana. Fundraising tidak identik dengan uang semata, ruang lingkupnya lebih luas dan mendalam. Karena pengaruh fundraising dangat besar bagi eksistensi sebuah lembaga pengelola zakat. Adanya dana ZIS yang diperoleh lembaga akan dapat meminimalisir tingkat kemiskinan dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Bahwa memajukan kesejahteraan umum merupakan salah satu tujuan nasional negara Republik Indonesia yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi fundraising di Unit Pengelola Zakat infaq Shadaqah Nahdhatul’ Ulama (UPZIS NU) Kecamatan Kendal dan bagaimana factor pendukung dan penghambat dalam Pengelolaan strategi tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan untuk uji kredibilitas (credibility) peneliti menggunakan triangulasi dengan tujuan untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data penelitian yang diperoleh. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen strategi, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam melakukan fundraising UPZISNU kecamatan kendal menggunakan dua metode yaitu metode fundraising langsung (direct fundraising) dan metode fundraising tidak langsung (indirect fundraising). (2) Adapun faktor pendukungnya adalah adanya kerja sama dengan Pimpinan Ranting seluruh desa di Kecamatan Kendal, adanya sistem laporan keuangan yang transparan, adanya pembayaran melalui rekening Bank, adanya kesadaran muzakki untuk berzakat. Sedangkan faktor penghambat berupa kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kewajiban membayar zakat selain zakat fitrah, serta masih banyaknya penyaluran zakat yang dilakukan secara langsung oleh muzakki ke mustahik dilingkungan sekitar tempat tinggal, adanya pandemi covid-19 yang sedang melanda dan banyaknya lembaga amil zakat, infak dan shadaqah di Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising; Zakat; Infaq dan shadaqah; Nahdhatul Ulama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:48
Last Modified: 03 Jan 2023 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics