Pembinaan kelas pra nikah di klinik nikah Semarang dalam perspektif manajemen dakwah

Zahroh, Nafi Atuz (2021) Pembinaan kelas pra nikah di klinik nikah Semarang dalam perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601036066_NAFI ATUZ ZAHROH_Skripsi Lengkap] Text (1601036066_NAFI ATUZ ZAHROH_Skripsi Lengkap)
(10) 1601036066_NAFI_ATUZ ZAHROH_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada organisasi dakwah dalam proses pencapaian tujuan diperlukan sebuah manajemen yang baik, untuk dapat menjadi dinamisator dari keseluruhan kegiatan yang dinamis dan terarah, karena hampir dalam setiap sendi kehidupan peranan manajemen sangatlah vital, dan demikian juga yang terjadi pada sebuah lembaga dakwah. Perencanaan merupakan bagian dari ilmu manajemen yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam rumah tangga. Untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga perlu persiapan yang matang. Karena itu salah satu yang penting adalah pembinaan pra nikah sebagai salah satu upaya dalam mempersiapkan calon pengantin dalam membentuk rumah tangga yang bahagia. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Bagaimana pembinaan kelas pra nikah di Klinik Nikah Semarang dalam perspektif manajemen dakwah.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembinaan kelas pra nikah di Klinik Nikah Semarang dalam perspektif manajemen dakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun sumber data nya yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan kelas pra nikah di Klinik Nikah Semarang dilaksanakan dengan menentukan visi-misi, sasaran, subyek dan obyek, serta menjalankan dan menerapkan teori dakwah yang berpijak pada Qur’an dan Hadits. Dan pembinaan kelas pra nikah perspektif manajemen dakwah di KLIK Semarang, merupakan rencana yang efektif dalam mengajak manusia untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam, sehingga akan tercipta kehidupan rumah tangga yang harmonis. Dan kegiatan pembinaan kelas pra nikah yang dilaksanakan oleh KLIK Semarang dalam pelaksanaannya berlandaskan pada fungsi-fungsi manajemen dakwah, dimana dalam mengadakan pembinaan tersebut terlebih dahulu direncanakan hal-hal pokok yang akan dibutuhkan dalam kegiatan pembinaan, diantaranya dengan mengadakan rapat setiap akan mengadakan pembinaan, memilih petugas pelaksana yang akan bertugas dalam kegiatan, mempersiapkan alat-alat perlengkapan dan fasilitas untuk kegiatan tersebut dilaksanakan. Pengorganisasian dakwah yang disusun sebagai berikut: pembina, ketua, sekretaris, bendahara dan anggota serta pembagian tugas yang akan dijalankan oleh pelaksana. Fungsi yang ketiga adalah pelaksanaan dakwah yaitu dengan memberikan motivasi, membimbing, mengkomunikasikan dan mengarahkan para anggotanya. Fungsi yang terakhir adalah pengawasan yang dilakukan oleh ketua, sekretaris dan panitia penyelenggara dengan cara mengawasi dan memonitor semua kegiatan pembinaan serta anggotanya dalam melaksanakan tugasnya masing-masing

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kelas pra nikah; Manajemen dakwah; Klinik nikah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:08
Last Modified: 03 Jan 2023 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics