Implementasi penggerakan dakwah (tawjih) Habib Umar al-Muthohar di Kota Semarang

Mustaghfiri, Mustaghfiri (2021) Implementasi penggerakan dakwah (tawjih) Habib Umar al-Muthohar di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601036081_MUSTAGHFIRI_Skripsi Lengkap] Text (1601036081_MUSTAGHFIRI_Skripsi Lengkap)
SKRIPSI _Mustaghfiri_1601036081_MD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Habaib di Indonesia mempunyai peran tersendiri yang terbilang cukup unik dan menarik dalam usaha perjuangan kemerdekaan Indonesia maupun pembentukan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Penelitian ini di lakukan di kota semarang karena semarang dikenal dengan kota metropolitan, di kota semarang banyak orang pendatang dari luar daerah rata-rata mereka adalah orang abangan, dalam rangka mencari pekerjaan atau uang. sehingga pentingganya Peran dakwah Habib Umar Al-Muthohar di Kota Semarang dan beliau menjadi publik figure tentang Akhlak dalam kehidupan sehari-hari serta contoh yang baik dalam berdakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder, di mana data primer dalam penelitian ini diperoleh dari Habib Umar Al-Muthohar, ust. Shiba dan sebagian pengurus pondok pesantren Al Madinah, sedangkan data sekunder diperoleh dari data mengenali informasi dari data-data dokumentasi, artikel-artikel yang berkaitan dengan Habib Umar Al-Muthohar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil penelitian yang telah penulis laksanakan tentang Implementasi penggerakan Dakwah (Tawjih) Habib Umar Al-Muthohar di Kota Semarang, maka penulis menyimpulkan bahwa penggerakan Dakwah (Tawjih) atau Penggerakan Dakwah (Tawjih) manajemen dakwah Habib Umar Al-Muthohar di kota Semarang diantaranya: (1) Pemberian Motivasi, Habib Umar Al-Muthohar dalam berdakwa sering kali memberikan motivasi kepada jamaahnya mengenai kehidupan yakni do’a, dengan do’a akan menyelesaikan masalah tanpa masalah, serta memperbanyak selawat kepada Nabi Muhammad SAW. (2) Melakukan Bimbingan, Habib Umar Al-Muthohar memberikan bimbingan kepada semua alumni pondok yang bersedia bergabung dalam paguyuban mutahorijin, (3) Menjalin Hubungan, Habib Umar Al-Muthohar Menjalin Hubungan dengan membentuk paguyuban mutahorijin, mengadakan ngaji ahad legi pagi, maulidan al-barjanji, majelis taklim al-madinah. (4) Penyelenggaraan Komunikasi, Habib Umar Al-Muthohar Penyelenggaraan Komunikasi dengan menyediakan pengajian secara online melalui tv channel el mihrob, dan live streaming youtube. Metode dakwah yang digunakan Habib Umar adalah Metode dakwa Rasullah Metode Dakwah Rasulullah yakni Rasul sebagai pendidik umat yang sistem pembinaan dan pendidikannya adalah sistem kaderisasi, yakni pembinaan mental sahabat dan keluarganya dengan penanaman aqidah yang benar, seperti halnya yang dilakukan Habib Umar Al-Muthohar dengan berdakwah dengan membina masyarakat Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggerakan Dakwah; Tawjih; Habib Umar Al-Muthohar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:06
Last Modified: 03 Jan 2023 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics