Manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan perspektif dakwah

Bukhori, Imam (2021) Manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601036167_IMAM BUKHORI_Skripsi Lengkap] Text (1601036167_IMAM BUKHORI_Skripsi Lengkap)
SKRIPSI IMAM BUKHORI - Imam Bukhori - 1601036167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dari Imam Bukhori (1601036167) dengan judul Manajemen Wisata Religi Makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan Perspektif Dakwah. Melakukan perjalanan keagamaan atau yang biasa disebut dengan wisata religi merupakan jenis wisata yang dikaitkan dengan agama, kepercayaan, ataupun adat istiadat dalam masyarakat. Wisata religi dilakukan dengan mengunjungi tempa-tempat suci, makam-makam kyai/sunan. Pengelolaan makam sangat berperan penting dalam kegiatan wisata religi. Oleh karena itu, skripsi ini memfokuskan pada: 1. Bagaimana manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan?.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi yang menghasilkan temuan-temuan atau fenomena yang ada dilapangan. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1). Manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan dikelola langsung oleh ahli waris dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu dengan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengawasi terhadap program kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di makam Syekh Muhammad Kholil. Perencanaan dilakukan dengan cara membuat program jangka panjang dan jangka pendek yang kemudian diorganisir oleh para santri yang dipilih oleh pihak yayasan untuk mengelola makam Syekh Muhammad Kholil dengan pembagian kerja didukung dengan adanya pemberian motivasi, bimbingan dan pengarahan. Kemudian dilakukan pengawasan terhadap program kerja yang telah terlaksana dalam pengelolaan makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan. Selain itu, dalam pelaksanaan program kerja juga didukung oleh unsur-unsur manajemen yang terdiri dari manusia, uang, materi, mesin, metode dan pemasaran. 2). Fakor pendukung dan penghambat dalam manajemen wisata religi makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan adalah: a). Faktor pendukung dalam pengelolaan makam Syekh Muhammad Kholil yaitu memiliki bangunan masjid yang mewan dan megah serta suasana lingkungan yang Islami sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk melakukan ziarah makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan b). Faktor penghambat dalam pengelolaan makam Syekh Muhammad Kholil yaitu banyaknya pelanggaran aturan dalam berziarah makam Syekh Muhammad Kholil dengan berbaurnya peziarah laki-laki dengan perempuan serta masih adanya pengunjung yang yang membuang sampah pada tempatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Wisata Religi; Makam Syekh Muhammad Kholil Bangkalan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:55
Last Modified: 03 Jan 2023 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18599

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics