Aktivitas dakwah perempuan perspektif manajemen dakwah : studi kasus Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kudus

Safriani, Vira (2021) Aktivitas dakwah perempuan perspektif manajemen dakwah : studi kasus Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036009_VIRA SAFRIANI_Skripsi Lengkap] Text (1701036009_VIRA SAFRIANI_Skripsi Lengkap)
1701036009_VIRA SAFRIANI_LENGKAP_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas dakwah umumnya sudah banyak dilakukan oleh kaum laki-laki, namun untuk aktivitas dakwah yang dilakukan oleh organisasi maupun individu yang mengkhususkan perempuan masih belum berkembang. Pimpinan Cabang Muslimat NU Kudus adalah organisasi perempuan Islam yang yang fokus dengan melakukan aktivitas dakwah perempuan dan membuktikan bahwa dakwah perempuan juga bisa tetap eksis di kalangan masyarakat. Untuk itu PC Muslimat NU Kudus memiliki berbagai program kegiatan yang sesuai dengan sasarannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana aktivitas dakwah perempuan PC Muslimat NU Kudus perspektif manajemen dakwah dan (2) bagaimana peluang dan tantangan aktivitas dakwah perempuan PC Muslimat NU Kudus.
Untuk mendapatkan jawaban atas rumusan masalah yang sudah ditentukan, penulis menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipilih oleh penulis berupa observasi non partisipan, wawancara kepada berbagai pengurus PC Muslimat NU Kudus dan metode dokumentasi yang didapat dari arsip-arsip, gambar-gambar, artikel, jurnal penelitian yang berhubungan dengan PC Muslimat NU Kudus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja dilakukan sebagaimana visi, misi, sasaran dan tujuan yang dibagi kedalam tugas, pokok dan fungsi masing-masing. Aktivitas dakwah yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan para mad’u berdasarkan kepada penerapan fungsi-fungsi manajemen. Kelemahan dan ancaman diselesaikan dengan menggunakan strategi dan manajemen yang sistematis, begitu juga dengan kekuatan dan peluang yang ada pada PC Muslimat NU Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dakwah; Perempuan; Manajemen dakwah; Muslimat NU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:00
Last Modified: 03 Jan 2023 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics