Analisis penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II di MI Muawanatul Falah Ngetuk Pati tahun ajaran 2021/2022

Naimah, Achyatun (2022) Analisis penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II di MI Muawanatul Falah Ngetuk Pati tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096077_Achyatun Naimah__Lengkap] Text (Skripsi_1803096077_Achyatun Naimah__Lengkap)
1803096077_Achyatun Naimah_Full_Skripsi - Achyatun Naimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan membaca sangat diperlukan bagi siswa, sedangkan di Indonesia memiliki literasi membaca yang rendah. Berdasarkan kenyataan tersebut peneliti ingin meneliti tentang Analisis Penerapan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II di MI Muawanatul Falah Ngetuk Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode reading aloud dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil analisis data keterampilan membaca siswa menunjukkan peningkatan, membacanya lancar dan pelafalan katanya jelas. Faktor yang mendukung keterampilan membaca siswa tidak hanya dari guru dan metode yang diterapkan, tetapi orang tua juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode reading aloud; Keterampilan membaca; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Dec 2022 00:33
Last Modified: 22 Dec 2022 00:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics