Manajemen wisata religi makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang

Aisyah, Dewi (2021) Manajemen wisata religi makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036022_DEWI AISYAH_Skripsi Lengkap] Text (1701036022_DEWI AISYAH_Skripsi Lengkap)
1701036022_DEWI AISYAH_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dewi Aisyah (1701036022). Penelitian ini berjudul “Manajemen Wisata Religi Makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang”. Program Strata 1 Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang 2021. Wisata religi merupakan jenis wisata yang dikaitkan dengan agama, kepercayaan, ataupun adat istiadat dalam masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan rohani manusia. Fokus penelitian ini adalah tentang manajemen makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang sebagai destinasi wisata religi. Skripsi ini akan menjawab masalah bagaimana makam tersebut dikelola agar menjadi wisata religi yang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan data tersebut divalidasi melalui Triangulasi data. Data yang terkumpul dianalisis melalui 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan bahwa dalam manajemen wisata religi makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang dilakukan berdasarkan fungsi-fungsi manajemen. Perencanaanya meliputi, jangka panjang dan jangka pendek. Perencanaan jangka pendek yaitu merencanakan program kerja harian, mingguan, bulanan serta tahunan. Sedangkan perencanaan jangka panjang yaitu perbaikanpembangunan gedung TPQ di beberapa tempat di daerah Kelurahan Sugihwaras dan pembuatan penginapan untuk musafir. Pengorganisasian yang dilakukan yaitu pembuatan struktur organisasi dan mengkoordinir sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Sedangkan penggerakan yang dilakukan yaitu adanya motivasi, bimbingan, dan komunikasi. Yang terakhir adanya pengawasan. Pengawasan yang dilakukan meliputi pengawasan langsung dan tidak langsung. Dengan penerapan sistem tersebut, pihak yayasan makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang sudah menjalankan fungsi-fungsi manajemen dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Wisata religi; Makam auliya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:57
Last Modified: 03 Jan 2023 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics