Penyelenggaraan program peduli umat koin NU oleh NU care LAZISNU MWC Pulosari Kabupaten Pemalang

Sofiyana, Intan (2021) Penyelenggaraan program peduli umat koin NU oleh NU care LAZISNU MWC Pulosari Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036081_INTAN SOFIYANA_Skripsi Lengkap] Text (1701036081_INTAN SOFIYANA_Skripsi Lengkap)
1701036081_Intan Sofiyana_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Intan Sofiyana (1701036081) 2021. Penelitian ini berjudul “Penyelenggaraan Program Peduli Umat KOIN NU Oleh Nucare Lazisnu MWC Pulosari Kabupaten Pemalang”. Fakultas Manajemen Dakwah dan Komunikasi. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pembimbing : Dr.Saerozi, S.Ag.,M.Pd.
Program yang diadakan oleh Lazisnu MWC Pulosari Kabupaten Pemalang memiliki nilai lebih, sehingga menjadikanya istimewa dan menarik untuk diteliti. Hal yang paling menonjol dari Lazisnu MWC Pulosari Kabupaten Pemalang ini adalah pemasukan dana infak yang bisa mencapai 150-200 juta pada setiap bulannya. Dari nominal angka tersebut, dapat melahirkan berbagai program-program yang bermanfaat untuk masyarakat. Hasil dari dana infak juga disampaikan kepada masyarakat secara transparan dan sistematis, baik online maupun offline.
Penelitian ini, fokus pada bagaimana penyelenggaraan yang dilakukan dalam program peduli umat Koin Nu oleh Nucare lazisnu MWC Pulosari Kabupaten Pemalang dan evaluasi serta tindak lanjut yang dilakukan dari adanya program tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif . Adapun sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi , wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dalam pelaksanaan program Koin Nu, dimulai dengan sosialisasi turun kebawah (turba) oleh pengurus Lazisnu, ke ranting-ranting di Kecamatan Pulosari. (2) Pembagian job description sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu dengan prinsip “The right man on the right place”. (3)Pelaksanaan Koin NU di Kecamatan Pulosari,tidak ada unsur paksaan untuk batas minimal dan maksimal terhadap munfiqin (orang yang berinfak). (4) Prosentase pentasarufan hasil perolehan Koin Nu dilakukan dengan terbuka dan transparan, baik secara online maupun offline sehingga masyarakat bisa mengetahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program peduli umat; Koin NU; Nu Carre; LAZISNU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:12
Last Modified: 03 Jan 2023 04:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics