Strategi pengembangan objek wisata religi makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Pralita, Cantika Diah (2021) Strategi pengembangan objek wisata religi makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036099_CANTIKA DIAH PRALITA_Skripsi Lengkap] Text (1701036099_CANTIKA DIAH PRALITA_Skripsi Lengkap)
1701036099_CANTIKA DIAH PRALITA_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi pengembangan Objek Wisata Religi Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara” bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pada Makam Sultan Hadlirin Jepara dan untuk mengetahui analisis SWOT yang mempengaruhi pengembangan objek wisata religi Makam Sultan Hadlirin Jepara.
Penelitian ini dilakukan karena melihat potensi wisata religi yang ada di Jepara yaitu di makam Sultan Hadlirin yang menjadi objek wisata religi menarik untuk dikunjungi. Dalam suatu objek wisata juga pasti mempunyai strategi dalam pengembangan objek wisata religi tersebut. Skripsi ini memfokuskan pada: (1) Bagaimana kondisi wisata religi Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara? (2) Bagaimana strategi pengembangan pada objek wisata religi Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara?. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan data primer adalah hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder yaitu library research (penelitian kepustakaan) berupa jurnal, buku, dokumen dan lain-lain yang menjadi rujukan dan relevan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan wisata religi yang ada di makam Sultan Hadlirin Jepara yaitu pengembangan sarana prasarana, pengembangan aksesibilitas, dan pengembangan wisata. Pengembangan aksesibilitas agar wisatawan atau peziarah dapat menemukan lokasi objek wisata dengan mudah. Pengembangan sarana dan prasarana meliputi perluasan toilet dan tempat wudhu, membuat tempat untuk peziarah istirahat dan pengembangan dalam pelayanan kepada wisatawan. Pengembangan sarana dan prasarana terfokus dengan pengoptimalan fasilitas yang tersedia sebagai bentuk pelayanan prima kepada peziarah atau pengunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Wisata religi; Makam auliya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:18
Last Modified: 03 Jan 2023 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics