Strategi fundraising LAZIS Madani Kota Tegal dalam peningkatan jumlah muzakki tahun 2020

Jitapsari, Lung Ayu (2021) Strategi fundraising LAZIS Madani Kota Tegal dalam peningkatan jumlah muzakki tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036102_LUNG AYU JITAPSARI_Skripsi Lengkap] Text (1701036102_LUNG AYU JITAPSARI_Skripsi Lengkap)
1701036102_LUNG AYU JITAPSARI_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bentuk nyata dari dampak Covid-19 terhadap perekonomian adalah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Banyak karyawan yang dirumahkan dan berbagai perusahaan bahkan terancam gulung tikar. Hal ini menjadikan muzakki atau donatur kehilangan pekerjaannya selama masa krisis sehingga hilangnya pemasukan bagi muzakki atau para pelaku usaha atau profesi informal yang mengakibatkan mereka tidak mampu untuk membayar zakat karena harus memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri yang masih belum stabil. Dalam pandemi ini, lembaga pengelola zakat juga terkena dampaknya. Untuk meningkatkan jumlah muzakki, LAZIS Madani Kota Tegal harus memiliki strategi fundraising yang efektif agar muzakki tetap loyal pada lembaga. Karena bertambahnya muzakki memiliki arti penting karena posisi muzakki merupakan roda penggerak lembaga zakat. Lembaga zakat mengadakan sosialisasi yang bertujuan agar masyarakat luas bisa mendapatkan gambaran seputar zakat, dari mulai pemahaman akan kewajiban membayar zakat, tata cara berzakat, hingga kebermanfaatan akan zakat itu sendiri, dengan begitu masyarakat bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan zakat. Kesadaran yang timbul di dalam masyarakat dari adanya sosialisasi dapat menjadikan muzakki semakin tumbuh subur dan loyal terhadap lembaga tersebut.
Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi fundraising untuk peningkatan jumlah muzakki di LAZIS Madani Kota Tegal pada tahun 2020. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan jumlah muzakki tahun 2020 di LAZIS Madani Kota Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi fundraising peningkatan jumlah muzakki serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan jumlah muzakki tahun 2020 di LAZIS Madani Kota Tegal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang bersumber dari observasi, hasil wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa strategi fundraising yang diterapkan oleh LAZIS Madani Kota Tegal yakni 1. Membuat program, 2. Mempresentasikan program, 3. Menghimpun muzakki, 4. Me-maintance muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising; Muzakki; LAZIS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:17
Last Modified: 03 Jan 2023 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics