Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam wisata religi makam Habib Hasan Bin Thoha Lamper Kidul Kota Semarang

Gofur, Muhammad Abdul (2021) Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam wisata religi makam Habib Hasan Bin Thoha Lamper Kidul Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1071036107_MUHAMMAD ABDUL GOFUR_Skripsi Lengkap] Text (1071036107_MUHAMMAD ABDUL GOFUR_Skripsi Lengkap)
1701036107_Muhammad Abdul Gofur_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Wisata Religi Habib Hasan Bin Thoha Lamper Kidul Kota Semarang memiliki tujuan untuk mengetahui tentang wisata religi yang ada pada makam Habib Hasan Bin Thoha dan tentang penerapan fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam pengelolaan wisata religi makam Habib Hasan Bin Thoha Lamper Kidul Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan berlatarbelakang karena adanya fenomena meningkatnya perkembangan jumlah para peziarah yang terjadi pada wisata religi makam Habib Hasan Bin Thoha Lamper Kidul Kota Semarang yang terindikasi peningkatan tersebut karena adanya pengelolaan wisata yang baik oleh pengelola.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer berupa informas-informasi dari lapangan melalui metode wawancara dengan pengelola Yayasan Keluarga Sayid Keramat Depok, juru kunci makam dan peziarah yang datang ke situs wisata religi Makam Habib Hasan Bin Thoha itu sendiri. Kemudian data sekunder yang digunakan yaitu buku-buku, jurnal penelitian, arsip dan surat-surat organisasi serta penelitian lain yang berkaitan dengan makam Habib Hasan bin Thoha. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian Makam Habib Hasan Bin Thoha yang terletak di Lamper Kidul Kota Semarang ini adalah salah satu situs wisata religi yang dikelola oleh yayasan yang bernama Yayasan Keluarga Sayid Keramat Depok. Yayasan Keluarga Sayid Keramat Depok dalam mengelola wisata religi Makam Habib Hasan Bin Thoha sudah mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, mulai dari tahap perencanaan (Planning): 1. Perencanaan di Makam Habib Hasan Bin Thoha telah dilakukan dengan membuat perencanaan baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 2. Pengorganisasian (Organizing) : Yayasan Keluarga Sayid Keramat Depok juga sudah membagi pengorganisasian dalam berbagai aspek dan juga memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. 3. Penggerakan (Actuating): Dalam fungsi ini biasanya terdapat beberapa kegiatan utama yang dilakukan oleh pihak yayasan, yaitu pemberian motivasi, bimbingan dan perintah/pengarahan. Dan 4. Pengawasan (Controling): Pengawasan yang dilakukan di wisata religi Makam Habib Hasan Bin Thoha bukan hanya dilakukan selama kegiatan dilaksanakan tetapi juga dilakukan setelah kegiatan itu dilaksanakan. Implementasi fungsi-fungsi manajemen ini diterapkan oleh pengelola dengan tujuan supaya apa yang menjadi tujuan bisa berjalan lancar serta dapat tercapai secar efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Wisata Religi; Makam auliya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:23
Last Modified: 03 Jan 2023 04:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18625

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics