Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi covid-19 : studi kasus Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mijen Kota Semarang

Umam, Ahmad Fawaidul (2021) Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi covid-19 : studi kasus Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036111_AHMAD FAWAIDUL UMAM_Lengkap] Text (Skripsi_1701036111_AHMAD FAWAIDUL UMAM_Lengkap)
1701036111_Ahmad Fawaidul Umam_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang diarahkan langsung untuk menggunanakan sumber daya organisasi secara efektif dan efesien dalam rangka mencapai kegiatan organisasi. Pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas-aktifitas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian. Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang merupakan sebuah lembaga yang diperuntukan bagi masyarakat yang tugasnya adalah melayani masyarakat yang berhubungan dengan urusan pelayanan pernikahan, kemasjidan, perwakafan dan lain-lainya. Di masa pandemi COVID-19 ini memberikan dampak bagi pelayanan publik termasuk pelayanan yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang. Hal inilah yang menarik peneliti untuk lebih jauh mengetahui kondisi pelayanan di masa pandemi COVID-19 terhadap masyarakat, maka terumuslah judul penelitan: “Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang)”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelayanan Kepada Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19 Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang dan (2) Bagaimana Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19 Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pedekatan manajemen. Adapun sumber datanya yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam pebelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik induktif.
Hasil penelitian ini dalam kegiatan pelayanan di masa pandemi COVID-19 harus dilaksanakan dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang baik agar tujuan pelayanan di masa pandemi COVID-19 dapat berjalan dengan maksimal. Pelaksanaan implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang dapat dilihat dari fungsi-fungsi manajemen: (1) Perencanaan yang dilakukan Kantor Urusan Agama Kecamatan Mijen Kota Semarang dengan merencanakan sebuah kegiatan secara garis besar Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mijen Kota Semarang telah mempunyai program pelayanan masyarakat yaitu pelayanan nikah, perwakafan, dan kemasjidan. Perencanaan yang dilakukan yaitu melakukan rapat kerja pelaksanaan ketiga program tersebut yang dilakukan setiap bulan satu kali sampai dua kali. Hal ini yang dilakukan guna memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dalam pelayanan di masa pandemi COVID-19 ini. (2) Pengorganisasian dilakukan dengan cara memberikan pembagian tugas, wewenang, tanggung jawab. Pembagian kerja ini bisa dilihat pada struktur organisasi yang telah dibuat sebelumnya. (3) penggerakan dilakukan dengan cara seorang kepala KUA akan memberikan motivasi, dorongan atau semangat kerja pada petugas yang lain untuk memberikan semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya. (4) Pengendalian atau Evaluasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mijen Kota Semarang dalam melakukan pengendalian di masa pandemi COVID-19 ini melakukan evaluasi yang dilakukam setiap program kerja sesuai dengan perkembangan pandemi COVID-19 dan juga melakukan penetapan standar, metode, dan prestasi kerja. selain itu juga melakukan pengambilan tindakan korektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelayanan masyarakat; Kantor Urusan Agama; Pandemi covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 05:40
Last Modified: 03 Jan 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics