Implementasi manajemen dakwah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Widiyanti, Rina (2021) Implementasi manajemen dakwah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036114_RINA WIDIYANTI_Skripsi Lengkap] Text (1701036114_RINA WIDIYANTI_Skripsi Lengkap)
1701036114_Rina Widiyanti_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan manajemen dakwah sangat penting dalam mengelola dan mengatur suatu organisasi atau lembaga untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Kantor Urusan Agama Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal merupakan instansi yang melaksanakan sebagian tugas dari Kementrian Agama Kabupaten Kendal di wilayah kecamatan yang mempunyai tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan nikah dan rujuk, pewakafan, kemasjidan, dan lain-lain. Dalam upaya pencapaian sasaran yang diinginkan salah satunya dengan mengelola sumber daya manusi yang dimiliki agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Dakwah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal dan (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Dalam Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Dakwah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data penulis menggunakan metode (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, serta sumber data sekunder yang berasal dari buku, arsip.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal telah memenuhi fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam pelaksanaan kegiatan dakwah mulai dari perencanaan dakwah (takhthith), pengorganisasian dakwah (thanzim), penggerakan dakwah (tawjih) dan pengendalian dakwah (riqobah). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah diantaranya: (1) Perencanaan dakwah yang dilakukan Kantor Urusan Agama Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal dengan perencanaan secara sistematis kegiatan dakwah yang akan dilaksanakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu pelayanan nikah dan rujuk, pewakafan dan kemasjidan. (2) Pengorganisasian dakwah dengan pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai bidang masing-masing. (3) Penggerakan dakwah dilakukankan dengan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas yang telah diberikan sebelumnya. Dalam penggerakan kepala Kantor Urusan Agama harus dapat memberikan motivasi, bimbingan dan hubungan yang baik agar dapat mendorong semangat kerja pegawai dalam melaksanakan tugasnya. (4) Pengendalian dakwah dilakukan dengan melakukan kegiatan evaluasi hasil kerja pegawai untuk menghindari terjadinya kesalahan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen dakwah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal yaitu: (1) perencanaan yang terstruktur, (2) pembagian kerja, (3) pemberian motivasi, dan (4) evaluasi. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen dakwah yaitu: (1) kurangnya inovasi dari pegawai, (2) minimnya sumber daya manusia, (3) sarana dan prasarana yang kurang memadahi, dan (4) kurangnya pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah; Kantor Urusan Agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 05:37
Last Modified: 03 Jan 2023 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18630

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics