Actuating dakwah Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PP MATAN) Kota Pekalongan

Asrori, Muhammad (2021) Actuating dakwah Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PP MATAN) Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036129_MUHAMMAD ASRORI_Lengkap] Text (Skripsi_1701036129_MUHAMMAD ASRORI_Lengkap)
1701036129_Muhammad Asrori_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah merupakan suatu proses yang dilakukan secara terus menerus untuk merubah dan mengajak manusia dari suatu kondisi kepada kondisi yang lebih baik untuk kebahagiaan dan kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat. Dakwah disebut juga komunikasi Islam, memiliki beberapa unsur, seperti da’i, sasaran (mad’u), media (wasilah), metode (thoriqoh), materi (maddah) dan Efek Dakwah (atsar). Dewasa ini kegiatan dakwah sudah berkembang dan diinovasi sesuai dengan perkembangan zaman, tidak hanya sebatas dengan metode ceramah tetapi juga dilaksakan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan kegiatan dakwah yang dilakukan oleh organisasi-organisasi ataupun lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang dakwah agama Islam. Seperti halnya dakwah yang dilakukan oleh salah satu organisasi kemahasiswaan yaitu Mahasiswa Ahlith Thoriqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (MATAN), organisasi ini merupakan organisasi mahasiswa berbasis thoriqoh yang berdakwah di lingkungan mahasiswa dan para akademisi serta di lingkungan warga thoriqoh. Fokus dari penelitian ini adalah ingin mengetahui (1) Bagaimana kegiatan dakwah Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah Kota Pekalongan? (2) Bagaimana actuating dakwah Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah Kota Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PP MATAN) Kota Pekalongan telah memenuhi fungsi, tujuan dan unsur-unsur dakwah dalam kegiatan dakwahnya. Kegiatan dakwanh yang dilakukan oleh PP MATAN Kota Pekalongan antara lain; kajian kitab, dzikir semesta, ziarah, café sufi, taman sufi dan suluk MATAN. Actuating dakwah adalah proses penggerakan dan pemberian arahan yang dikakukan ketua/pemimpin untuk mempengaruhi orang lain. Proses actuating dakwah PP MATAN Kota Pekalongan antara lain; (1) memberi motivasi; pimpinan memberikaan semangat atau dorongan kepada anggota (2) bimbingan; pimpinan memberikan arahan, perintah atau petunjuk atas tugas yang harus dilaksanakan anggota. (3) menjalin hubungan/ koordinasi; penjalinan hubungan atau koordinasi dengan para pengurus mulai tingkatan komisariat sampai pusat untuk menjamin terwujudnya harmonisasi dan sinkronisasi usaha-usaha dakwah (4) komunikasi; komunikasi dilakukan secara langsung oleh ketua penyelenggara dengan mengadakan rapat bulanan. Sehingga seluruh anggota dapat berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lain mengenai pelaksanaan yang telah direncanakan oleh Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PP MATAN) Kota Pekalongan supaya tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan organisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Actuating; Dakwah; MATAN
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:29
Last Modified: 03 Jan 2023 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics