Penyelenggaraan pengajian rutin Habib Soleh al-Attas di Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Pangkah Tegal

Basalamah, Muhammad Firdaus (2021) Penyelenggaraan pengajian rutin Habib Soleh al-Attas di Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Pangkah Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036144_MUHAMMAD FIRDAUS BASALAMAH_Skripsi Lengkap] Text (1701036144_MUHAMMAD FIRDAUS BASALAMAH_Skripsi Lengkap)
1701036144_M. Firdaus Basalamah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penyelenggaraan pengajian rutin Habib Soleh Al-Attas Pangkah Tegal, pengajian rutin ini wadah pembinaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama masyarakat, mendorong untuk berperilaku baik bagi masyarakat dan jamaah. Selain itu tujuan pengajian ini juga untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan tentang agama Islam serta memberikan motivasi. pengajian dilaksanakan setiap malam Rabu dan malam Sabtu baik di pondok pesantren Ribath Nurul Hidayah Pangkah Tegal. jumlah jamaah yang hadir dalam pengajian kurang lebih 3000 jamaah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyelenggaraan pengajian dan hasil penyelenggaraan kegiatan pengajian rutin Habib soleh di pondok pesantren Ribath Nurul Hidayah Pangkah Tegal.
Jenis penelitian ini termasuk jenis kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu pengurus pengajian (ustad Ahmad Rizki dan ustad miftahu Salam selaku ketua) dan Jamaah pengajian rutin (Alfin Hidayat, Muhammad Solekhan, dan Ahmad Soleh), kemudian data sekunder yang ada dalam penelitian buku, jurnal dan internet yang berkaitan dengan judul skripsi ini. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data.
Hasil penelitian menunjukan dan dapat disimpulkan, (1) pengajian rutin Habib Soleh Al-Attas dalam penyelenggaraan pengajian melalui beberapa proses yaitu pemberian motivasi, melakukan bimbingan, menjalin hubungan dan penyelenggaraan komunikasi. penyelengaraan pengajian rutin Habib Soleh Al-Attas sudah dilaksanakan dengan baik terkait fungsi sarana dan prasarana untuk menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh jamaah. (2) adapun hasil kegiatan penyelenggaraan pengajian rutin Habib Soleh Al-Attas mencakup meningkatnya pengetahuan keagamaan jamaah, menumbuhkan rasa cinta terhadap Rasulualah SAW, adanya perubahan perilaku setelah mengikuti pengajian, dan semangat berinfaq dalam kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengajian rutin; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:28
Last Modified: 03 Jan 2023 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18637

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics