Strategi kasi pengembangan destinasi wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi pada dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Brebes

Syathori, Syathori (2021) Strategi kasi pengembangan destinasi wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi pada dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036178_SYATHORI_Lengkap] Text (Skripsi_1701036178_SYATHORI_Lengkap)
1701036178_Syathori_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skrispsi ini ditulis oleh Syathori (1701036178) dengan judul “Strategi Kasi Pengembangan Destinasi wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes” Latar Belakang dari skripsi ini yaitu adanya potensi besar untuk mengembangkan Wisata Religi Makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi bisa dilihat dari meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat sekitar dari adanya wisata religi ini, akan tetapi belum adanya pengembangan secara fokus dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes. Oleh sebab itu peneliti ini bertujuan untuk memberikan gambaran masalah dan potensi yang harus diperbaiki oleh Dinas untuk mengembangkan wisata religi makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi.
Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini ingin menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana implementasi program wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi (2) Bagaimana Strategi pegembangan wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data dari hasil penelitian dikumpulkan dan dianalisi dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bagaimana implementasi program wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi,meliputi beberapa hal, yaitu Memaparkan program Kasi pengembangan wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi, melaksanakan upaya pengembangan dan pendammpingan bimtek (bimbingan teknis) seperti penyadaran wisata, pelatihan, dan pendagunaan kepada pengelola dan stekholder serta pendukung yang lainnya, Senantiasa menanamkan semangat perjuangan kepada seluruh pengelola makam dan Stekholder dalam melaksanakan tugasnya dengan cara memberikan motivasi dan pendampingan supaya pelaksanan program dan pengembangan wisata religi bisa sesuai rencana, Pengelola makam selalu berkordinasi dengan Kasi pengembangan destinasi wisata mengenai pengelolaan dan pelayanan kepada para peziarah, 2) Bagaimana Strategi pengembangan wisata religi di makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi, meliputi beberapa hal, yaitu Memaparkan strategi pengembangan wisata religi di makam Syekh junaedi Al-Baghdadi yang meliputi penyediaan jasa wisata religi dan penyediaan sarana wisata religi, melaksanakan Penguatan tata kelola kelembagaan dengan tujuan supaya pengelola makam dan stekholder bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan tujuan yang sama untuk mengembangkan potensi wisata religi makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi, senantiasa melaksanakan Promosi Wisata religi yang mana harus selalu dikembangkan untuk menarik para peziarah untuk berkunjung dan bertawasul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Wisata Religi; Makam Syekh Junaedi Al-Baghdadi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:38
Last Modified: 03 Jan 2023 06:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics