Manajemen imarah masjid Al-Fitroh Banjarnegara pada masa pandemi covid-19

Magfiroh, Mafatihatul (2021) Manajemen imarah masjid Al-Fitroh Banjarnegara pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036007_MAFATIHATULL MAGFIROH_Skripsi Lengkap] Text (1801036007_MAFATIHATULL MAGFIROH_Skripsi Lengkap)
1801036007_Mafatihatul Magfiroh_Skipsi_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mafatihatul Magfiroh 1801036007 dengan skripsi yang berjudul “Manajemen Imarah Masjid Al-Fitroh pada Masa Pandemi Covid-19”. Masjid Al-Fitroh merupakan salah satu masjid di Banjarnegara yang tetap berperan aktif dalam menghidupkan masjid meskipun pada masa pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil objek penelitian di Masjid Al-Fitroh Banjarnegara mengenai Manajemen Imarah masjid.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen imarah di Masjid Al-Fitroh Banjarnegara pada masa pandemi Covid-19, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Masjid Al-Fitroh Banjarnegara dalam upaya memakmurkan masjid pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Hal tersebut dikarenakan penelitian ini akan lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif, terutama dalam menjawab rumusan masalah dari penelitian ini, mengenai bagaimana manajemen imarah Masjid Al-Fitroh Banjarnegara pada masa pandemi Covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat di dalam Masjid Al-Fitroh . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian setelah melakukan proses penelitian dan berhasil mngumpulkan data hasil penelitian, maka penulis menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen imarah Masjid Al-Fitroh Banjarngera pada masa pandemi Covid-19 menggunakan teori manajemen imarah masjid yang berupa, manajemen pembinaan jemaah. Dalam manajemen pembinaan jemaah terdapat beberapa indikator yang sudah dilaksanakan dalam bentuk program kegiatan meliputi: penyelenggaraan shalat fardhu berjemaah, penyelenggaraan shalat sunnah rawatib dan shalat Jumat, penyelenggaraan kajian rutin, penyelenggaraan halaqah, serta pengadaan papan informasi di masjid. ; manajemen pendidikan dan pelatihan. Dalam manajemen pendidikan dan pelatihan terdapat beberapa indikator pula yang sudah dilaksanakan dalam bentuk program kegiatan meliputi: mendirikan perpustakaan masjid, menyelenggarakan kegiatan majelis ta’lim, mendirikan tempat penitipan dan pembelajarana untuk anak, serta mengadakan kegiatan seminar tentang pandemi Covid-19 di dalam masjid. ; selanjutnya manajemen kesejahteraan umat, yang di dalamnya terdapat program kegiatan: pendirian BMT, memberikan sumbangan kepada jemaah dan masyarakat, menyelenggarakan bakti sosial, mendirikan pos kesehatan Al-Fitroh, serta menyelenggarakan vaksinasi massal untuk pencegahan Covid-19 di dalam Masjid Al-Fitroh Banjarnegara. ; dan yang terakhir ada manajemen pembinaan remaja masjid, dalam upaya membina remaja masjid maka dilakukan program kegiatan meliputi: reorganisasi, penyuluhan dan pelatihan, musyawarah, dan pelatihan program pembacaan al-Qur’an.
Manajemen imarah Masjid Al-Fitroh Banjarnegara dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang ada. Faktor pendukung yang ada di dalam Masjid Al-Fitroh meliputi: a) letaknya yang strategis. b) banyaknya program kegiatan yang dilakukan meskipun pada situasi pandemi Covid-19. c) adanya fasilitas yang mendukung kelancaran program imarah di dalam Masjid Al-Fitroh. d) memiliki banyak dukungan dari pihak eksternal. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri atas: a) tidak tersedianya TPA di dalam Masjid Al-Fitroh Banjarnegara. b) terbatasnya jumlah SDM di Masjid Al-Fitroh Banjarnegara. c) kurangnya kesadaran masyarakat sekitar masjid mengenai Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Imarah Masjid; Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:30
Last Modified: 03 Jan 2023 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics