Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan handout bermuatan unity of sciences terhadap literasi sains siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi

Fitriah, Neli Syihatun (2022) Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan handout bermuatan unity of sciences terhadap literasi sains siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076033_Neli_Syihatun_Fitriah] Text (Skripsi_1808076033_Neli_Syihatun_Fitriah)
Skripsi_1808076033_Neli_Syihatun_Fitriah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, bahan ajar yang kurang memadai dan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara langsung. Siswa cenderung menyukai pelajaran agama dibandingkan sains, siswa menganggap ilmu agama dan sains tidak berkaitan satu sama lain sehingga dibutuhkan model dan sumber belajar yang mengintegrasikan ilmu agama dan sains yang dikenal dengan unity of sciences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan handout bermuatan unity of sciences terhadap literasi sains siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Penelitian dilaksanakan pada kelas X TKJ. Sampel berjumlah 33 siswa yang diambil dengan teknik sampling total. Metode yang digunakan yakni One Group Pretest Posttest Design yang termasuk dalam pre-Experimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, instrumen tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rerata pretest 47 dan posttest 80 yang artinya terdapat keefektifan model pembelajaran discovery learning berbantuan handout bermuatan unity of sciences terhadap literasi sains siswa. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tingkat N-gain sebesar 0,62 kategori sedang, dan persentase efektivitas N-gain sebesar 62% kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Handout; Unity of Sciences; Literasi Sains; Reaksi Reduksi; Oksidasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:46
Last Modified: 28 Dec 2022 06:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics