Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa

Sonia, Citra (2022) Pembelajaran proyek berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076037_Citra_Sonia] Text (Skripsi_1808076037_Citra_Sonia)
Skripsi_1808076037_Citra_Sonia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran oleh guru akan menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar yang digunakan berupa uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran proyek berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa dengan nilai N-gain 0,509. Peningkatan tersebut termasuk ke dalam kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran proyek berbasis kontekstual juga mendapatkan respon serta penilaian dalam kategori baik menurut siswa dan observer. Respon siswa menunjukkan persentase sebesar 78%, sedangkan penilaian oleh observer memperoleh persentase sebesar 73%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asam basa; Hasil belajar; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran proyek
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:50
Last Modified: 28 Dec 2022 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics