Metode pembelajaran qiraah sab’ah di Pondok Pesantren Al-Wahid Bener Weding Bonang Demak

Nabilah, Mahirotun (2022) Metode pembelajaran qiraah sab’ah di Pondok Pesantren Al-Wahid Bener Weding Bonang Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016043_Mahirotun Nabilah_Lengkap] Text (Skripsi_1503016043_Mahirotun Nabilah_Lengkap)
1503016043_Mahirotun Nabilah_Full_Skripsi - Mahirotun Nabilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi saat ini, mayoritas masyarakat terasa asing dengan Qiraah Sab’ah, apalagi tidak semua pondok pesantren menyajikan pembelajaran Qiraah Sab’ah, sehingga pembelajaran ini terasa sulit. Sehingga butuh adanya pembelajaran yang efektif dan efisien.
Al-Qur’an bisa dibaca salah satunya dengan berbagai macam bacaan, salah satunya yaitu dengan Qiraah Sab’ah. Pondok Pesantren Al-Wahid Bener Weding Bonang Demak adalah salah satu pondok pesantren yang mengajarkan Qiraah Sab’ah. Sehingga perlu adanya metode yang digunakan di dalam pembelajaran.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan lapangan Bagaimana Metode Pembelajaran Qiraah Sab’ah di Pondok Pesantren Al- Al-Wahid Bener Weding Bonang Demak.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Peneliti berusaha mengadakan penelitian ke lokasi langsung dengan maksud memperoleh data-data yang akurat, cermat dan lebih lengkap. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah metode yang digunakan Qiraah sabah yang berupa Metode sorogan dan juga bandongan. Dengan strategi pembelajaran yang beragam seperti ceramah, demostrasi dan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qiraah sab’ah; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:27
Last Modified: 23 Dec 2022 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics