Analisis penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 101 pada laporan keuangan koperasi syariah : studi kasus pada KSPPS BMT di Kendal dan KSPPS BMT NU Sejahtera Weleri Kendal

Safaroh, Siti (2022) Analisis penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 101 pada laporan keuangan koperasi syariah : studi kasus pada KSPPS BMT di Kendal dan KSPPS BMT NU Sejahtera Weleri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705046092_Siti_Safaroh] Text (Skripsi_1705046092_Siti_Safaroh)
Skripsi_1705046092_Siti_Safaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

PSAK 101 merupakaan standar akuntansi yang digunakan sebagai pedoman akuntan untuk mempermudah entitas syariah dalam penyusunan dan penyajian pelaporan keuangan yang mudah dipahami dan juga dapat membandingkan antata laporan keuangan entitas syariah periode sebelumnya. Berdasarkan PSAK 101 laporan keuangan yang lengkap terdiri dari delapan komponen, yaitu laporan posisi keuangan , laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil, laporan sumber dan penyaluran dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, catatan atas laporan keuangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis panyajian laporan keuangan faktor-faktor apa saya yag mempengaruhi penyajian laporan keuangan KSPPS BMT Bismillah Sukoreja dan KSPPS BMT NU Sejahtera Weleri menurut PSAK 101. Hasil dari penelitian dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian penyajian laporan keuangan di KSPPS BMT Bismillah Sukorejo dan KSPPS BMT NU Sejahtera Weleri belom sesuai dengan PSAK 101 karena masih ada komponen koponen yang belum disajikan. Dari laporan keuangan KSPPS BMT Bismillah Sukorejo hanya menyajikan laporan keuangan neraca, laporan laba rugi dan laporan zis, dan KSPPS BMT NU Sejahtera Weleri hanya menyajikan laporan neraca, laporan laba rugi dan cash flow. Hal ini disebabkan adanya faktor internal dan eksternal. Dengan penelitian ini diharapkan KSPPS BMT Bismillah Sukorejo dan KSPPS BMT NU Sejahtera melengkapi laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 101.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PSAK 101; Laporan Keuangan; KSPPS; Koperasi syariah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:43
Last Modified: 28 Dec 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics