Pengaruh latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan : studi pada UMKM bersertifikat halal di Kota Semarang

Poetri, Thazya Syal Syah Dhila (2022) Pengaruh latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan : studi pada UMKM bersertifikat halal di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046098_Thazya_Syal_Syah_Dhila_Poetri] Text (Skripsi_1805046098_Thazya_Syal_Syah_Dhila_Poetri)
Skripsi_1805046098_Thazya_Syal_Syah_Dhila_Poetri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi, dan ukuran usaha berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan UMKM yang bersertifikat halal di Kota Semarang. Dan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Laporan keuangan yang berkualitas adalah laporan keuangan yang dapat memberikan informasi kepada para penggunanya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 91 UMKM dan yang menjadi responden hanya 37 UMKM. Data diolah menggunakan SPSS versi 26.
Berdasarkan penelitian ini, diperoleh jika latar belakang pendidikan dan ukuran usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM. Sedangkan pemahaman akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Latar belakang pendidikan; Pemahaman akuntansi; Ukuran usaha; Kualitas laporan keuangan; UMKM bersertifikat halal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:52
Last Modified: 28 Dec 2022 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics