Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran sisiwa SMA Negeri 1 Kedungaem Bojonegoro

Fatmawati, Irinne (2022) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran sisiwa SMA Negeri 1 Kedungaem Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016069_Irinne Fatmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1703016069_Irinne Fatmawati_Lengkap)
1703016069_Irinne Fatmawati_Lengkap Tugas Akhir - Irinne Fatmawati Zaenal (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (858kB)

Abstract

Alquran merupakan sumber pertama dan utama bagi manusi sebagai pedoman hidup dalam berbagai aspek. Mempelajari dan membaca Alquran adalah suatu kewajiban bagi umat Islam, yang mendatangkan kebaikan berupa pahala bagi yang mempelajari dan membaca. Belajar Alquran atau yang biasa disebut dengan mengaji tidak memiliki batas minimal atau maksimal untuk memulai, namun sebaiknya jika dimulai sejak usia dini, sehingga ketika usia remaja sudah bisa membaca Alquran dengan lancar sesuai kaidah ilmu tajwid. Realitanya di lapangan masih banyak seusia remaja setingkat SMA/MA/SMK belum bisa membaca Alquran dengan lancar dan sesuai kaidah sebagaimana yang dialami oleh beberapa siswa SMA Negri 1 Kedungadem Bojonegoro. Banyak kesulitan yang dialami oleh siswa di sekolah tersebut ketika membaca Alquran seperti tidak lancar membaca Alquran, tidak tartil ketika membaca Alquran, tidak menguasai ilmu tajwid, tidak dapat membedakan makhraj huruf, tidak memahami huruf hijaiyyah gandeng, tidak paham waqaf dan washal, kesalahan panjang dan pendek bacaan, bahkan terdapat siswa yang tidak dapat membaca Alquran sama sekali. Kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut memerlukan solusi, karena itulah peran guru PAI sangat dibutuhkan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan membaca Alquran. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI berupa upaya yang dilakukan di dalam jam pelajaran dan di luar jam pelajaran. Upaya guru PAI di dalam jam pelajaran berupa pembiasaan membaca Juz ‘Amma sebelum pelajaran dimulai dengan bantuan dari guru mata pelajaran lain yang mendapat jam mengajar pertama dan BTQ satu jam pelajaran. Upaya guru PAI di luar jam pelajaran berupa kegiatan ekstrakurikuler BTQ setiap hari Rabu yang wajib diikuti oleh siswa yang mengalami kesulitan membaca Alquran.
Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan secara rinci terkait fakta yang ada di lapangan dengan setting alami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; Kesulitan membaca Al Quran; Pendidikan agama Islam; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:58
Last Modified: 02 Jan 2023 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics