Peranan guru dalam membina akhlak siswa Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 Sidoharjo Guntur Demak

Faizin, Muhamad (2022) Peranan guru dalam membina akhlak siswa Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 Sidoharjo Guntur Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016180_Muhamad Faizin_Lengkap] Text (Skripsi_1703016180_Muhamad Faizin_Lengkap)
1703016180_MUHAMAD FAIZIN_Full Skripsi - Muhammad Faizin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang peranan guru Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 dalam membina akhlak siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana peran guru Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 dalam membina akhlak siswa. (2) implikasi peran guru dalam membina akhlak siswa terhadap perilaku siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan gengan cara terjun langsung ke obyek penelitian. Pendekatan yang dilakukan penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan yang berusaha memahami arti peristiwa dan kaitannya orang disituasi tersebut.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data dengan mengamati objek penelitian secara langsung dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, dilakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan dua cara yakni, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Temuan penelitian menunjukkan: (1) peran guru Madrasah Diniyah Manbaul Ulum 1 dalam membina akhlak siswa di Sidoharjo Guntur Demak, yaitu a. guru sebagai pendidik dan pengajar, b. guru sebagai penasehat, c. guru sebagai motivator, d. guru sebagai teladan. (2) implikasi peran guru dalam membina akhlak siswa terhadap perilaku siswa, yaitu a. perilaku siswa di madrasah, siswa terlihat menjalankan tata tertib madrasah dengan baik, breinteraksi baik dengan sesama teman, sopan dan patuh terhadap bapak guru. b. perilaku siswa ketika berada di rumah dan masyarakat, siswa terlihat bisa mengimplementasikan pelajaran akhlak yang di dapat di madrasah, seperti sopan terhadap yang lebih tua sholat lima waktu, mengaji dan mengikutu kegiatan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Akhlak; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:57
Last Modified: 02 Jan 2023 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics