Strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Patebon

Kurniawan, Heru (2022) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Patebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016186_Heru Kurniawan_Lengkap] Text (Skripsi_1703016186_Heru Kurniawan_Lengkap)
1703016186_Heru Kurniawan_Full Skripsi - Heru Kurniawan(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi Guru PAI dalam upaya pembentukan karakter siswa di SMP N 2 Patebon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 2 Patebon, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa di SMP N 2 Patebon, dan solusi untuk mengatasi masalah dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 2 Patebon.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI dalam upaya pembentukan karakter siswa menggunakan berbagai strategi yakni: pembiasaan, menjadi teladan bagi peserta didik, pemberian dedline tugas, pemberian punishment (hukuman/teguran), dan melalui kegiatan non-akademis. Dalam upaya pembentukan karakter tersebut terdapat faktor pendukung dan juga penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendukung datang dari guru yang dapat dijadikan teladan, didikan orang tua, fasilitas sekolah dan kegiatan rutinan serta ekstrakurikuler. Kemudian faktor penghambat berasal dari kurangnya kompetensi guru, kurangnya didikan orang tua di rumah dan lingkungan serta pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter; Strategi; Guru PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:56
Last Modified: 02 Jan 2023 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics