Studi evaluasi bimbingan pra nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal

Arifa, Zulvi (2020) Studi evaluasi bimbingan pra nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016117_ZULVI_ARIFA] Text (SKRIPSI_1601016117_ZULVI_ARIFA)
1601016117_Zulvi_Skripsi full - Zulvi Arifa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang mengevaluasi proses pelaksanaan bimbingan pranikah dengan mengetahui tingkat keberhasilan program bimbingan pranikah yang telah dilaksanakan. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: a). Bagaimanakah konsep dan pelaksanaan Bimbingan Pra Nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal? b). Bagaimanakah evaluasi Bimbingan Pra Nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal? Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data deskripstif. Pada penelitian ini penulis bermaksud melihat bagaimana proses pelaksanaan bimbingan pra nikah bagi calon pengantin dan pasangan yang sudah berumah tangga di Nikah Institute Kabupaten Tegal serta menganalisis aspek yang ada didalamnya yaitu pembimbing, metode, materi, media di Nikah Institute Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peserta yang telah mengikuti bimbingan pra nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal berjumlah 200 orang terdiri dari peserta yang belum menikah dan sudah berkeluarga laki- laki maupun wanita dalam satu bulan di kelas pranikah Nikah Institute Kabupaten Tegal.
Hasil dari penelitian menunjukkan proses bimbingan pra nikah di Nikah Institute Kabupaten Tegal dilakukan melalui grup whatsApp secara online proses pelaksanaan kelas bimbingan pranikah secara tidak langsung, peserta bergabung didalam kelas grup whats App selama satu bulan pembelajaran, selama dua hari pemberian materi dan tanya jawab mengenai materi yang disampaikan oleh pemateri. Bimbingan pranikah di Nikah Institute berfokus pada calon pengantin (remaja usia nikah) dan suami istri yang sudah berkeluarga. Pada tahap pelaksanaan materi yang disampaikan yaitu tentang Materi pola komunikasi pria dan wanita, Fiqih Pernikahan, Fiqih Ibadah, Fiqih Wanita, Ta’aruf, Parenting, Financial Planning dan Arabic Kamasutra (kesehatan reproduksi). Materi tersebut dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah media lisan melalui grup whatsApp. Evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan bimbingan pra nikah Nikah Institute Kabupaten Tegal menilai sejauh mana keberhasilan dari bimbingan tersebut dan akan mengembangkan atau memperbaiki program tersebut, dengan menerima respon atau pendapat penilaian dari peserta yang mengikuti kelas pranikah ini, para peserta merasa senang dan bersyukur dapat mengikuti kelas pranikah di Nikah Institute karena materi- materi yang disampaikan mudah dipahami dan sangat lengkap sekali dalam menjelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah; Calon Pengantin; Suami Istri dan Pernikahan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:41
Last Modified: 28 Dec 2022 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics