Pesan dakwah dalam tradisi ngasa untuk meningkatkan akhlak masyarakat Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Vahlewi, Dina (2020) Pesan dakwah dalam tradisi ngasa untuk meningkatkan akhlak masyarakat Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016136_DINA_VAHLEWI] Text (SKRIPSI_1601016136_DINA_VAHLEWI)
1601016136_DINA VAHLEWI_FULL SKRIPSI - Dina Vahlewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Tradisi Ngasa di Dusun Jalawastu secara mendalam, serta menjelaskan Pesan Dakwah dalam Tradisi Ngasa Untuk Meningkatkan Akhlak Masyarakat Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian di Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes menunjukan bahwa (1) Tradisi Ngasa merupakan Tradisi sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada Masyarakat Dusun Jalawastu yang dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon pada bulan Mangsa Kasanga. Proses Tradisi Ngasa yaitu masyarakat mengadakan gerakan kebersihan satu hari sebelumnya yaitu hari Senin Wage, kemudian pada hari pelaksanaannya diawali masyarakat mengumpulkan dan menggelar tikar di Pesarean Gedong, selanjutnya uraian dan penjelasan makna Ngasa dari pemangku adat dan sambutan dari pimpinan pemerintah yang ikut hadir diteruskan pembacaan do’a dan dilanjutkan menikmati hidangan Ngasa yang dipercaya bisa membawa berkah. (2) Pesan Dakwah yang disampaikan dalam Tradisi Ngasa untuk meningkatkan Akhlak Masyarakat Dusun Jalawastu, meliputi: Hablum minallah yang berhubungan dengan Aqidah dan syariah yaitu percaya kepada Allah dalam bentuk pembacaan doa dalam poses tradisi ngasa. memakai pakaian putih berarti bahwa masyarakat Jalawastu beragama Islam, saling tolong menolong antar sesama. Hablum minannas yaitu terjalinnya silaturahmi, sikap gotong royong, menjaga alam sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi Ngasa; Pesan Dakwah; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:47
Last Modified: 28 Dec 2022 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics