Peran takmir Masjid Agung Al Mabrur Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang dalam dakwah bil hal

Puji Astuti, Tri (2021) Peran takmir Masjid Agung Al Mabrur Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang dalam dakwah bil hal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036083_TRI PUJI ASTUTI] Text (SKRIPSI_1701036083_TRI PUJI ASTUTI)
1701036083_Tri Puji Astuti_Lengkap Tugas Akhir - Tri Puji Astuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tri Puji Astuti (1701036083). Dengan skripsi yang berjudul: “Peran Takmir Masjid Agung Al Mabrur Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang Dalam Dakwah Bil Hal”
Masjid Agung Al Mabrur merupakan salah satu masjid yang berada di Jl. Ahmad Yani, Ungaran, Kabupaten Semarang. Masjid Agung Al Mabrur dikenal dengan Masjid IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) karena masjid ini didirikan oleh Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Masjid Agung Al Mabrur terletak di pinggir jalan raya yang strategis untuk memakmurkan masjid.
Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana aktivitas dakwah bil hal di Masjid Agung Al Mabrur Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang? 2) Bagaimana peran dakwah bil hal takmir Masjid Agung Al Mabrur Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang?
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian dikumpulkan dan dianalisis dengan Teknik analisis data yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas dakwah bil hal di Masjid Agung Al Mabrur yaitu khitanan anak sholeh, santunan anak yatim piatu, santunan kaum dhuafa, takjil Ramadhan, panitia ZIS, wisata religi, dan pondok pesantren tahfidz al mabrur. 2) Peran takmir Masjid Agung Al Mabrur dalam dakwah bil hal berjalan dan terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh para pengurus baik dari segi materi maupun immaterial. Peran takmir dalam memfasilitasi dakwah bil hal yaitu meningkatkan pelayanan masyarakat, meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan sarana prasarana masjid, meningkatkan kebersihan, keamanan, dan kerapian masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran takmir; Dakwah bil hal; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:47
Last Modified: 02 Jan 2023 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics