Dakwah fardiyah Rasulullah dalam kitab fiqh al-sirah muhammad karya Muhammad Sa‘id Ramadan al-Buti : Analisis Bimbingan dan Konseling Islam

Albab, Ulil (2020) Dakwah fardiyah Rasulullah dalam kitab fiqh al-sirah muhammad karya Muhammad Sa‘id Ramadan al-Buti : Analisis Bimbingan dan Konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016153_ULIL-ALBAB] Text (SKRIPSI_1601016153_ULIL-ALBAB)
1601016153_ULIL ALBAB_FULL SKRIPSI - Ulil Al_bab(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah mengajarkan agama Allah begitu gigih. Terbukti Rasul tetap kuat dan terus berdakwah meskipun mendapatkan coban, siksaan saat berdakwah. Kegigihan dakwah Rasul akan selalu diteruskan oleh pendakwah Islam, karena mereka adalah pewaris para Nabi. Dakwah Islam pada dasarnya mengajarkan dan mengajak manusia ke jalan yang benar dan di ridhoi Allah. Akan tetapi ada jenis dakwah yang lebih mengutamakan keberhasilan dan lebih memperhatikan mad’unya, yaitu adalah dakwah fardiyah. Dakwah fardiyah tersebut dapat dilihat dalam kehidupan Rasulullah yang penuh dengan keagungan, salahsatunya dapat di pelajari dalam Kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad Karya Muhammad Sa‘i>d Ramad{an al-Bu>t}i> yang menceritakan sejarah Rasulullah dalam berdakwah.
Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Dakwah Fardiyah Rasulullah dalam Kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad Karya Muhammad Sa‘i>d Ramad{an al-Bu>t}i>? (2) Bagaimana Analisis Bimbingan dan Konseling Islam Terhadap Dakwah Fardiyah Rasulullah dalam Kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad Karya Muhammad Sa‘i>d Ramad{an al-Bu>t}i>? Untuk menjawab pertannyaan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu suatu penelitian yang informasi nya diperoleh dari literatur-literatur yang ada, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (deskriptif research). Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari literatur kitab, yang dalam penelitian ini bersumber dari kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad Karya Muhammad Sa‘i>d Ramad{an al-Bu>t}i. Adapun sumber data sekunder yaitu sumber data tidka langsung yang diperoleh dari buku-buku, literatur, dan bacaan terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, berupa data reduction (reduksi data), data display (menyajikan data) dan conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah, pertama, Kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad adalah karangan Muhammad Sa‘i>d Ramad{an al-Bu>t}i> yang wafat pada tanggal 21 Maret 2013 M. Dalam kitap ini, al-Bu>t}i> menjelaskan tentang perjalanan kehidupan Rasulullah Saw dari Rasul lahir hingga Rasullullah dipanggil kehadapan Ilahi Rabbi dengan sangat jelas. Salah satu keunggulan kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad dibandingkan dengan kitab-kitab Si>rah lainya adalah al-Bu>ti selalu menyertakan pelajaran dan renungan yang dapat diambil dalam setiap bab dalam sejarah kehidupan Rasulullah, sehingga setiap orang yang membaca kitab ini akan mendapatkan manfa’at yang lebih dibandingkan yang lain. Kedua, Dalam kajian kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad tentang sejarah kehidupan Rasulullah dari periode berdakwah di Makah hingga Rasul berdakwah di Madinah terdapat beberapa contoh tentang sifat sifat yang harus dimiliki oleh juru dakwah fardiyah, seperti sifat uswah dan qudwah, ikhlas, sabar, optimis kepada Allah, dan pengorbanan. Selain itu juga, dalam kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad terdapat beberapa contoh dakwah Rasulullah dengan menggunakan metode dakwah seperti dakwah dengan H}ikmah, Mau‘iz}ah al H}asanah, Muja>dalah al-H}asanah. Begitu juga dengan tahapan dalam dakwah fardiyah yang Rasulullah contohkan dalam beberapa peristiwa dalam kehidupanya. Dengan demikain sejarah kehidupan Rasulullah dalam kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad dapat digunakan untuk acuan da’i terutama juru dakwah fardiyah dalam melaksanakan dakwah. ketiga, Dakwah fardiyah dan bimbingan konseling Islam pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu membantu orang agar menjadi lebih baik dan di ridhai Allah SWT. Gambaran bimbingan dan konseling Islam dapat dilihat salah satunya dalam peristiwa ketika utusan kaum S}aqif masuk Islam yang dijelaskan Al-Bu>t}i> dalam kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad. Selain itu, beberapa fungsi ( preventif, kuratif, preservatif ) dan perinsip bimbingan konseling juga dapat dilihat dalam beberapa peristiwa dakwah fardiyah Rasulullah yang di jelaskan Al-Bu>t}i> dalam kitab Fiqh al-Si>rah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kitab Fiqh al-Si>rah Muhammad; Dakwah fardiyah; Bimbingan; Komunikasi Islam.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:17
Last Modified: 28 Dec 2022 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics