Hubungan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal

Firdanisa, Anizul (2022) Hubungan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016047_Anizul Firdanisa_Lengkap] Text (Skripsi_1803016047_Anizul Firdanisa_Lengkap)
1803016047_Anizul Firdanisa_Lengkap Tugas Akhir - Anizul Firdanisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang korelasi antara persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih merasa bosan dan belum siap mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi dan statistika deskriptif, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS IBM 26 untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal dikategorikan cukup baik. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata skor kuesioner sebesar 121,4. 2) Hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal dikategorikan cukup baik. Hal ini berdasarkan pada hasil rata-rata nilai sebesar 85,7. 3) Terdapat korelasi yang signifikan dan cukup kuat antara persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih kelas XI MIPA di MAN Kendal. Hal ini berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan nilai rhitung sebesar 0,463. hasilnya 0,000 < 0,05 dan rxy (hitung) > rtabel, yaitu 0,463 > 0,234 pada taraf signifikansi 5%. maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Variasi gaya mengajar; Guru; Hasil belajar; Kognitif; Mata pelajaran fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:49
Last Modified: 02 Jan 2023 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics