Manajemen keuangan Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang dalam mengembangkan aktivitas dakwah

Muhammad, Royyan (2020) Manajemen keuangan Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang dalam mengembangkan aktivitas dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036121_MUHAMMAD_ROYYAN] Text (SKRIPSI_1601036121_MUHAMMAD_ROYYAN)
Naskah SKRIPSI Muhammad Royyan NIM 1601036121 - BangRoy Tutorial.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen keuangan Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang dan untuk mengetahui apa saja kegiatan dakwah di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pengurus Masjid Jami’ Nurul Islam. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi kegiatan masjid yang berkaitan dengan manajemen keuangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan di Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang meliputi rutinan mingguan, selapanan dan tahunan. Rutinan mingguan ada tiga kegiatan yaitu kajian fiqh, kajian tafsir al-Qur’an, dan yasin tahlil. Kegiatan selapanan/bulanan diantaranya seperti pengajian selapanan, pengajian ahad awal, dan maulidur Rasul baca dziba’ albarjanzi. Sedangkan kegiatan tahunan diantaranya seperti kupatan dan halal bi halal pengurus, sholat ID dan penyembelihan qurban, baca do’a akhir dan awal tahun, do’a asyura dan santunan anak yatim, sholat tolak balak, maulidur rasul, pengajian ahad pagi kota semarang, pengajian umum, do’a nisfu sya’ban, sholat tasbih, pengajian arwah jama’ qubro, pengajian menjelang buka bersama, kultum ba’da taraweh, tadarus al-Qu’ran, khataman al-Qur’an, nuzulul Qur’an, pengumpulan dan pembagian ZIS, sholat idul fitri, ziarah kubur. Semua kegiatan tersebut bersifat umum, boleh siapa saja yang ingin datang mengikuti kegiatan.
Sedangkan dalam manajemen keuangan Masjid Jami’ Nurul Islam Ngaliyan Semarang meliputi penggunaan dana, fundraising sumber dana dan administrasi keuangan masjid. a). Penggunaan dana ada dua pengertian yaitu muqayyad (terikat) dan ghairu muqayyad/muthlaq (tidak terikat). Penggunaan dana muqayyad seperti halnya dana yang didapatkan melalui proposal kegiatan. Penggunaan dana ini digunakan sesuai dengan keperluan yang tertulis dalam proposal tersebut. Sedangkan penggunaan dana ghairu muqayyad, dikeluarkan untuk semua kebutuhan Masjid Jami’ Nurul Islam. Penggunaan dana ini bersifat memprioritaskan mana yang harus pengurus prioritaskan (fleksibel). Selain itu, dalam penggunaan dana Masjid Jami’ Nurul Islam dilakukan dengan cara musyawarah atau sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB). b). Penggalian sumber dana Masjid Jami’ Nurul Islam memiliki sifat rutin dan kondisional. Penggalian sumber dana yang bersifat rutin yaitu meliputi kotak amal besar, tromol sholat jumat, jama’ah yasin tahlil, kotak parkir dan program produktif (air artetis). Sedangkan fundraising sumber dana bersifat kondisional yang dilakukan pengurus Masjid Jami’ Nurul Islam yaitu dengan mengajukan proposal kegiatan langsung mendatangi rumah warga masyarakat dan toko sekitar yang sudah terdata oleh pengurus. c). Sedangkan Administrasi keuangan masjid memiliki tiga buku keuangan yaitu buku laporan keuangan masjid, buku laporan keuangan parkir dan buku laporan keuangan jamaah yasin tahlil. Selain itu, Masjid Jami’ Nurul islam juga memiliki kwitansi untuk bukti transaksi antara pengurus dengan jamaah jika dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan; Masjid Jami’ Nurul Islam; administrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:42
Last Modified: 29 Dec 2022 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics