Pengaruh intensitas pendidikan Islam dalam keluarga terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal

Munawaroh, Anik Qotrunada (2022) Pengaruh intensitas pendidikan Islam dalam keluarga terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016063_Anik Qotrunada Munawaroh_] Text (Skripsi_1803016063_Anik Qotrunada Munawaroh_)
1803016063_Anik Qotrunada Munawaroh_Full Skripsi - anik qotrunada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Intensitas Pendidikan Islam dalam Keluarga terhadap Akhlak Peserta Didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal. Penelitian di latar belakangi kedudukan akhlak yang sangat tinggi, dan salah satu faktor pembentuk akhlak yaitu pendidikan terutama pendidikan Islam dalam keluarga. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana intensitas Pendidikan Islam dalam Keluarga peserta didik SMPN 2 Dukuhturi Tegal, bagaimana akhlak peserta didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal, serta adakah pengaruh intensitas Pendidikan Islam dalam Keluarga terhadap Akhlak Peserta Didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal.
Penelitian yang dilakukan penulis termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Untuk menguji hipotesis peneliti, dilakukan analisis statistik dengan analisis regresi subyek penelitian sebanyak 72 responden, yang mengambil peserta didik kelas VIII SMPN 2 Dukuhturi Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk menggali data tentang intensitas pendidikan Islam dalam keluarga (variabel X) dan akhlak peserta didik (variabel Y), dan metode dokumentasi untuk mengetahui gambaran umum SMPN 2 Dukuhturi Tegal.
Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik penguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian: (1) Intensitas Pendidikan Islam dalam keluarga termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 93,08 karena berada pada interval 148 – 162. dengan nilai maksimal 186 dan nilai minimal 112 (2) Akhlak Peserta Didik termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 155,91 karena berada pada interval 88 – 96 dengan nilai maksimal dan nilai minimal 67 (3) Terdapat pengaruh Intensitas Pendidikan Islalm dalam Keluarga terhadap Akhlak Peserta Didik di SMPN 2 Dukuhturi Tegal dibuktikan dengan Fhitung = 44,484 > Ftabel = 3,98 untuk taraf siginifikansi 5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas pendidikan Islam; Akhlak; Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Dokumen Administratif
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:47
Last Modified: 02 Jan 2023 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18762

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics