Metode dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Genuk Kota Semarang : studi kasus Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor

Na’imah, Ainun (2020) Metode dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Genuk Kota Semarang : studi kasus Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036125_AINUN_NA’IMAH] Text (SKRIPSI_1601036125_AINUN_NA’IMAH)
1601036125_Ainun Na_imah_Lengkap Tugas Akhir - Ainun naimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Nama Ainun Na’imah (1601036125) Penelitian dengan judul “Metode Dakwah Gerakan Pemuda (GP) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Genuk Kota Semarang (Studi Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor”.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sering munculnya faham-faham radikal yang marak terjadi di daerah kecamatan Genuk maka perlu dibentuk lembaga yg menjaga dan mengawal ideologi Islam yang Aswaja yaitu Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor. Majelis Dzikir dan Shalawat atau yang kerap disebut dengan MDS ini merupakan badan semi otonom yang dibentuk oleh GP Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai tradisi dan misi internalisasi nilai Islam Ahlssunnah wal jama’ah Nahdlatul Ulama. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah Bagaimana metode dakwah yang digunakan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (PAC) Kecamatan Genuk Kota Semarang ?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi teknik dan sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dakwah yang digunakan oleh Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (PAC) Kecamatan Genuk Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah yang dilakukan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Anṣor di Kecamatan Genuk menggunakan dua metode yakni Metode Dakwah bil ḥikmah dan Metode Dakwah bil mau’iẓah ḥasanah. Metode tersebut diaplikasikan dalam bentuk kegiatan, yaitu PHBI, Rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat, dan Ngaji Tematik, peringatan Harlah GP Ansor dan Pelantikan PAC GP Ansor, peringatan Haul Tokoh NU,dan Tarawih keliling. Dakwah yang dilakukan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Anṣor ini juga mendapat respon positif dari masyarakat dan pemerintah. Masyarakat selalu mendukung apa yang telah menjadi kegiatan Anṣor. Selain itu, terdapat pula hubungan yang amat erat antara pihak pemerintah dan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Anṣor Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Majelis Dzikir; Sholawat Rijalul Ansor
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:42
Last Modified: 29 Dec 2022 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics