Aktivitas dakwah di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur'an di Dukuh Jayim Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam membentuk kepribadian santri

Anggita Putri, Puput (2020) Aktivitas dakwah di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur'an di Dukuh Jayim Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dalam membentuk kepribadian santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036127_PUPUT_ANGGITA_PUTRI] Text (SKRIPSI_1601036127_PUPUT_ANGGITA_PUTRI)
1601036127_Puput Anggita PutriI_Full Skripsi - Puput Anggita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara kepada pengurus pondok dan sumber data sekunder diperoleh dari data pendukung terkait dengan dokumen-dokumen pondok, dan foto-foto yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
• Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas dakwah dalam membentuk kepribadian santri di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur‟an meliputi: (1) Kegiatan menghafal Al-Qur‟an. (2) Kegiatan pengajian kitab. Dilakukan melalui (a) Metode bandongan, (b) Madrasah diniyah. (3) Kegiatan keagamaan, dengan adanya kegiatan (a) Mengadakan sholat berjamaah, (b) Mengadakan pembacaan surat yasin, (c) Mengadakan pelatihan khitobah dan dzibaan, (d) Mengadakan ziaroh kubur. (4) Tata tertib atau peraturan pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur‟an. (5) Penanganan santri yang bermasalah, diantaranya (a) Ringan, (b) Berat. (6) Metode dakwah pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur‟an. Pembentukan kepribadian yang telah dimiliki oleh santri di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an. (1) Perluasan perasaan diri. (2) Memiliki hub ungan yang hangat dengan orang lain. (3) Terjaminnya keamanan emosional. (4) Memiliki persepsi yang realistis. (5) Memiliki keterampilan dan tugas, yaitu (a) Keterampilan dalam memberikan makna pada kitab gundul, (b) Keterampilan dalam berpidato. (6) Memiliki pemahaman diri. (7) Memiliki falsafah hidup yang mempersatukan. Hasil pelaksanaan dakwah di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur‟an yaitu menjadikan santri peracaya diri, lebih baik dari sebelumnya dan menjadikan santri lebih teladan nanti nya saat keluar dari pondok pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur‟an dalam hal yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Pondok Pesantren memiliki peran yang penting dalam proses dakwah Islam, khususnya dalam aspek pendidikan agama Islam dan pembentukan kualitas manusia melalui pembentukan karakter santri. Salah satu Pondok Pesantren yang memiliki peran membentuk karakter santri disamping sebagai media pendidikan keagamaan adalah Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an di Dusun Jayim Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Upaya Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an dalam membentuk karakter santri dilaksanakan melalui aktivitas-aktivitas-aktivitas dakwah yang diselenggarakan di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; dakwah; pondok pesantren; kepribadian; santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:41
Last Modified: 29 Dec 2022 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics