Penerapan fungsi perencanaan dakwah di Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang

Irfan Ramadhani, Yanuar (2021) Penerapan fungsi perencanaan dakwah di Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036134_YANUAR_IRFAN_RAMADHANI] Text (SKRIPSI_1601036134_YANUAR_IRFAN_RAMADHANI)
ACC Skripsi Dari Dosen penguji - Yanuar Irfan_6134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang adalah terlaksananya kegiatan dakwah dan kegiatan-kegiatan yang lainnya. sehingga dengan penerapan fungsi perencanaan pada Panti Asuhan Al-Hikmah dapat kita ketahui peranan Pengasuh serta jajaran pengurusnya dalam proses menerapkan langkah-langkah fungsi perencanaan kegiatan dakwah dan kegiatan-kegiatan yang lainnya di Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah dengan metode wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan fungsi perencanaan dakwah Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang dalam penyusunan perencanaan melalui beberapa fungsi perencanaan yaitu Perkiraan (Forecasting), Penentuan Tujuan (Estabilishing Objective), Pemrogaman (Progamming), Penjadwalan (Scedulling), Penganggaran (Budget), Pengembangan Prosedur (Developing Procedure), Penetapan dan Interpretasi Kebijakan (Policies). Program kegiatan panti asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang dibagi menjadi beberapa program yaitu Program Harian, Program Mingguan, Program Bulanan. Penerapan fungsi perencanaan dakwah Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah Panti Asuhan Al-Hikmah Beringin Semarang berlandasan islam dan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Faktor penghambatnya adalah keadaan anak asuh yang berbeda-beda, kesibukan pengasuh dan undangan anak panti dari berbagai donator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi perencanaan dakwah; panti asuhan; pengembangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:38
Last Modified: 29 Dec 2022 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18776

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics