Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ibadah haji di MAN 2 Semarang

Ubaidillah, Ahmad Nur (2022) Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ibadah haji di MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016139_Ahmad Nur Ubaidillah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016139_Ahmad Nur Ubaidillah_Lengkap)
1803016139_AhmadNurUbaidillah_Full_Skripsi - Nur Ubaydillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penggunaan smartphone yang begitu dominan di kalangan warga Indonesia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada materi ibadah haji. Penelitian ini dilakukan di kelas X B dan X J MAN 2 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2022. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif bertipe pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada materi ibadah haji. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008 < 0,05 Terlihat bahwa nilai sig < alpha. Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam materi ibadah haji memperoleh skore 79,5 atau relatif baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Augmented reality; Hasil belajar; Ibadah haji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:33
Last Modified: 02 Jan 2023 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics