Aktivitas dakwah bil lisan Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, M.A. pada Masyarakat Kota Semarang

Awanassabrina, Dhilarriqo’ (2021) Aktivitas dakwah bil lisan Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, M.A. pada Masyarakat Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036139_DHILARRIQO’_AWANASSABRINA] Text (SKRIPSI_1601036139_DHILARRIQO’_AWANASSABRINA)
1601036139_Dhilarriqo Awanassabrina_FULL SKRIPSI - Dhila Rriqo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah merupakan suatu ajakan atau panggilan yang bertujuan mengubah cara pandang umat dari suatu situasi ke situasi lain yang lebih baik dalam segala segi kehidupan dengan tujuan merealisasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat, sebagai suatu keseluruhan tata kehidupan bersama. Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A., merupakan salah satu tokoh pendakwah di Kota Semarang. Dalam aktivitas berdakwahnya beliau menggunakan aktivitas dakwah bil lisan, dakwah bil qalam dan dakwah bil hal. Namun demikian, dalam pelaksanaan aktivitas dakwah pada masyarakat Kota Semarang, beliau menggunakan aktivitas dakwah bil lisan. Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A sangat memperhatikan situasi dan kondisi dari mad’u dalam menyampaikan pesan dakwah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana aktivitas dakwah bil lisan Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A pada masyarakat Kota Semarang. Usaha untuk mendapatkan jawaban tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif studi tokoh. Sedangkan guna mencari data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dakwah bil lisan Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A pada masyarakat Kota Semarang yaitu dengan ceramah maupun khitobah. Penyampaian pesan dakwah pada masyarakat Kota Semarang, menggunakan nasihat-nasihat dan perkataan yang baik dengan penuh kesopanan, hormat, dan sabar. Hal ini bertujuan agar pesan dakwah yang disampaikan dapat menyentuh hati mad’u sehingga dapat diambil manfaat dan diterapkannya dalam meningkatkan nilai spiritualitas pada dirinya. Beberapa perkataan yang diterapkan oleh Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, M.A dalam aktivitas dakwah bil lisan, diantaranya: qaulan baligha (perkataan yang membekas jiwa), qaulan layyina (perkataan yang lemah lembut), qaulan ma’rufa (perkataan yang baik), qaulan maysura (perkataan yang ringan), qaulan karima (perkataan yang mulia), dan qaulan sadida (perkataan yang benar).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dakwah; penyampaian pesan; studi tokoh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:31
Last Modified: 29 Dec 2022 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics