Strategi dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal

Jauhari, Maftuh (2020) Strategi dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036141_MAFTUH_JAUHARI] Text (SKRIPSI_1601036141_MAFTUH_JAUHARI)
1601036141_MAFTUH JAUHARI_FULL SKRIPSI - BangRoy Tutorial.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada kondisi saat ini, keberadaan KH Masruch dirasakan makin penting dan diharapkan dapat berperan lebih besar dan menjawab berbagai persoalan yang timbul dimasyarakat yang berada di Kelurahan Langenharjo khususnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat aktivitas dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal?
Untuk mengetahui strategi dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal, maka peneli menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan : 1) Teknik wawancara. Peneliti melakukan wawancara terhadap KH. Masruch beserta Keluarga. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui aktivitas dakwah dan stratetegi dakwah yang dilakukan KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal. 2). Teknik observasi. Dalam hal ini penulis mencatat dan mengamati langsung kegiatan dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo. 3) Dokumentasi. Dalam mendapatkan data, penulis juga mengumpulkan dokumen-doumen tentang kegiatan dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal.
Hasil penelitian menununjukan bahwa dakwah yang dilakukan KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo menggunakan Strategi Sentimetil, Strategi Rasional, Strategi Tazkiyah, Strategi Tilawah dan Strategi Taklim. Strategi tersebut diaplikasikan dalam bentuk kegiatan yaitu mengadakan pengajian anak-anak dan remaja, pengajian majelis taklim, mendirikan pondok pesantren, mendirikan TPQ serta mengadakan santunan anak yatim. Adapun faktor pendukung aktivitas dakwah KH. Masruch di Kelurahan Langenharjo Kendal adalah masyarakat sangat antusias mengikuti pengajian dan selalu mendukung apa yang dirintis oleh KH. Masruch. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya rasa malas serta faktor kesibukan pekerjaan yang membuat masyarakat tidak bisa mengikuti pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; dakwah; kyai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:34
Last Modified: 29 Dec 2022 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics