Dinamika penyaluran dana zakat melalui program layanan kesehatan cuma-cuma : lembaga zakat Dompet Dhuafa Jawa Tengah

Nur Khasanah, Dewi (2021) Dinamika penyaluran dana zakat melalui program layanan kesehatan cuma-cuma : lembaga zakat Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036042_DEWI_NUR_KHASANAH] Text (SKRIPSI_1701036042_DEWI_NUR_KHASANAH)
1701036042_Dewi Nur Khasanah_Lengkap Tugas Akhir - Dewi Nur Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan sehat manusia dapat mengembangkan potensi dirinya sendiri dan lingkungannya. Lembaga zakat hadir sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan layanan kesehatan. Pengelolaan dana zakat yang baik dibutuhkan guna meningkatkan pelayanan dalam program lembaga (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma). Dana zakat yang digunakan dapat berubah menurut kondisi setiap tahunnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana dinamika dari penyaluran dana zakat melalui program Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa dan (2) Bagaimana kendala dan hambatan yang dialami lembaga Dompet Dhuafa dalam penyaluran dana zakat melalui program Layanan Kesehatan Cuma-Cuma.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen dakwah, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah Dinamika Penyaluran Dana Zakat Melalui Program Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (Lembaga Zakat Dompet Dhuafa Jawa Tengah) adalah (1) Penyaluran dana zakat untuk program Layanan Kesehatan Cuma-Cuma memiliki dinamika yang baik dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ditunjukkan melalui pergerakan grafik yang jumlah dana penyaluran setiap tahunnya meningkat. (2) Penyaluran dana sering mengalami hambatan, berdasarkan hasil temuan dilapangan bahwa ada beberapa hal yang menghambat proses penyaluran dana zakat kepada mustahik, yaitu lokasi Layanan Kesehatan Cuma-Cuma dan Besarnya biaya pasien yang memiliki riwayat penyakit akut tanpa tercover BPJS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dinamika; Penyaluran; Dana; Kesehatan; Layanan Kesehatan Cuma-Cuma.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:37
Last Modified: 29 Dec 2022 04:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics