Strategi fundraising Nu Care-Lazisnu Kota Semarang dalam upaya peningkatan jumlah pembayaran zakat, infaq, dan shodaqoh pada masa pandemi covid-19

Aji Shadiqin, Muhammad (2021) Strategi fundraising Nu Care-Lazisnu Kota Semarang dalam upaya peningkatan jumlah pembayaran zakat, infaq, dan shodaqoh pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036170_MUHAMMAD_AJI_SHADIQIN] Text (SKRIPSI_1601036170_MUHAMMAD_AJI_SHADIQIN)
1601036170-Muhammad Aji Shadiqin-DRH - aji shadiqin.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh situasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia. Kondisi tersebut membuat lembaga amil zakat ikut terkena dampak pandemi. Hal itu dikarenakan dengan pembatasan sosial yang di insrtuksikan oleh pemerintah melalui kebijakan social distancing dan physical distancing dalam pelaksanaan PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Akibat dari itu membuat kondisi ekonomi masyarakat menjadi menurun. Menurunnya pendapatan masyarakat selama pandemi berakibat pada turunnya jumlah penghimpunan dana yang didapatkan oleh lembaga amil zakat. Dari permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ingin mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh NU-CARE LAZISNU Kota Semarang untuk tetap bertahan selama masa pandemi Covid-19.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Prosedur fundrising NU CARE-LAZISNU Kota Semarang di masa pandemi Covid-19 (2) Upaya NU CARE LAZISNU Kota Semarang dalam upaya meningkatkan jumlah pembayaran zakat infaq, dan shodaqoh pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari karyawan NU CARE-LAZISNU Kota Semarang. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, jurnal, artikel, dokumentasi, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan untuk memperoleh informasi dan data-datanya peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa NU CARE-LAZISNU Kota Semarang menerapkan dua prosedur fundraising selama masa pandemi Covid-19. Prosedur fundraising yang pertama yaitu prosedur fundraising secara online melalui transfer ATM atau Internet Banking dan Scaning Barcode(QR Kode). Prosedur fundraising secara offline yaitu melalui layanan ZIS From Home dan layanan membayar di kantor terdekat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Upaya yang dilakukan NU CARE-LAZISNU Kota Semarang dalam meningkatkan jumlah pembayaran zakat, infaq, dan shodaqoh pada masa pandemi Covid-19 yaitu dengan pembuatan strategi sosialisasi lembaga melalui media sosial, pembuatan layanan ZIS From Home, pembuatan layanan pembayaran secara online, dan pembuatan kerja sama program dengan Instansi dan Perusahaan lain dalam penghimpunan dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising; Zakat; Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:52
Last Modified: 29 Dec 2022 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics