Perencanaan dan pelaksanaan dakwah pondok Al-Huda Jetis Kebumen dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas santri

Khasanatul Mufidah, Nely (2021) Perencanaan dan pelaksanaan dakwah pondok Al-Huda Jetis Kebumen dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036163_NELY_KHASANATUL_MUFIDAH] Text (SKRIPSI_1601036163_NELY_KHASANATUL_MUFIDAH)
1601036163_Nely Khasanatul Mufidah_Full Skripsi - Nely Mufidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Rumusan kriteria santri pondok pesantren Al-Huda yang berkualitas (2) Bentuk perencanaan dakwah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas santri pondok pesantren Al-Huda (3) Pelaksanaan kegiatan kegiatan dakwah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas santri pondok pesantren Al-Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, untuk memperoleh informasi dan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber dalam penelitian ini meliputi data primer yakni hasil wawancara Pembina pondok pesantren Al-Huda Jetis Kebumen dan sumber data skunder yaitu berupa foto-foto mengenai pelaksanaan kegiatan dakwah santri. Lokasi peneitian ini di pondok pesantren Al-Huda Jetis Kebumen. Dengan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rumusan kriteria santri yang berkualitas yaitu santri memiliki sikap patuh, mandiri, sederhana, kebersamaan, dan berprestasi. Bentuk perencanaan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas santri yaitu dengan menerapkan langkah-langkah perencanaan dakwah yaitu perkiraan dan perhitungan masa depan, penentuan dan perumusan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan dakwah yang telah ditetapkan sebelumnya, penetapan tindakan dakwah dan prioritas pelaksanannya, penetapan metode dakwah, penetapan dan penjadwalan waktu, penetapan lokasi, dan penetapan biaya, fasilitas, dan faktor-faktor lain yang diperlukan. Pelaksanaan kegiatan dakwah dalam meningatkan kualitas santri yaitu kegiatan sorogan, bandongan, hafalan, khitobah, dan syawir. Pelaksanaan kegiatan dakwah dalam meningkatkan kuantitas santri yaitu suluk dan haul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Dakwah; Pondok Pesantren; Kualitas; dan Kuantitas Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:22
Last Modified: 02 Jan 2023 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics